HUT RI di Waykanan: Drama Kolosal Perjuangan Musanif Ryacudu

img
Drama kolosal perjuangan Musanif Ryacudu. Foto: Vita

Harianmomentum—Ada yang menarik sebelum upacara HUT RI ke-72 di lapangan Korpri Pemkab Waykanan, Kamis (17/8). Para peserta upacara disuguhi pertunjukan drama kolosal rakyat.

 

Drama klosal yang digelar oleh siswa SMA N 1 Kasui ini dibawah bimbingan kodim 0427 WK menceritakan  tentang perjuangan putra daerah bumi Waykanan yang bernama  Musanif Ryacudu.

 

Dikisahkan, Mayjend Ryacudu yang berasal dari Bumi Ramik Ragom Waykanan lahir pada  tanggal 28 februari 1924 di Mesir Ilir Bahuga. Ia punya istri  bernama R.A Zuharya dan memiliki  9 orang.

 

Drama klosal tersebut diawali dengan suasana berkumpulnya Ryacudu bersama istri dan anak-anaknya. Tiba-tiba ajudannya datang meyampaikan bahwa Lampung sedang dalam perlawanan melawan penjajah Belanda saat itu kondisi sangat genting.

 

Melihat kejadian itu Mayjed Ryacudu berusaha untuk kompromi untuk menyelamatkan rakyat. Namun Belanda menolak dan akhirnya Ryacudu tertembak peluru bersarang didadanya.

 

Dalam kondisi seperti itu Ryacudu meminta kepada anak buahnya untuk merahasiakan kejadian itu dari keluarga.

 

Setelah sekian lama tidak mendapat habar berita dari sang suami, istri Mayjend Ryacudu, Ibu Zuharya merasa cemas. Pagi itu ia berjalan kaki ke Martapura hingga pukul 15.00 melanjutkan perjalanan menyusuri rel kereta api hingga ke Giham, Waykanan.


Akhirnya tiba di Tanjungkarang dan bertemu dengan suaminya. Mengetahui suaminya tertembak, ia merawatnya hingga pulih kembali. (vit)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos