Manfaatkan Pos Kamling untuk Cegah Penyebaran Covid-19

img
Penyerahan hadiah lomba simkamling Polres Lampung Timur. Foto. Rif.

MOMENTUM, Sukadana--Pos kampling (keamanan lingkungan) berperan strategis dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif dan mencegah penyebaran Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Lampung Timur (Lamtim) AKBP Wawan Setiawan saat menyerahkan hadiah lomba siskamling tingkat Polres Lamtim di Aula Tribrata Tunggal Panaluan Polres Lamtim, Selasa (22-9-2020).

Kapolres mengatakan Polri bertanggungjawab terhadap keamanan dalam negeri. Dengan manajemen keamanan yang terpadu dan menyeluruh untuk menciptakan situasi aman dan kondusif.

Ditambahkannya, menciptakan kamtibmas, peran serta masyarakat juga dibutuhkan. Melalui lomba siskamling diharapkan dapat membangun sistem keamanan di lingkungan masyarakat.

Diakui Kapolres, angka kriminalitas di Lamtim masih cukup tinggi dan membutuhkan peran masyarakat untuk menjaga keamanan lingkungan. Terlebih saat ini Lamtim akan menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada).

"Peran serta masyarakat dibutuhkan dalam menjaga kamtibmas dan mencegah gangguan kriminalitas menjelang pilkada," kata Wawan.

Selain itu, bencana nasional nonalam yang terjadi di Indonesia, peran serta siskamling pada masa pandemi Covid-19 sangat strategis. Siskamling dapat menjadi posko covid-19 untuk mengawasi dan mengidentifikasi masyarakat. 

"Banyak peran dan fungsi siskamling, keaktifan siskamling jangan hanya pada waktu lomba, siskamling dapat terus berjalan dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat," katanya.

Sementara Bupati Lamtim Zaiful Bokhari mengimbau seluruh kepala desa untuk mengetatkan siskamling untuk deteksi dini terhadap tamu guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. "Selain menjaga kamtibmas, siskamling juga dapat melakukan deteksi dini terhadap pencegahan penyebaran Covid-19," kata Zaiful.

Pada kesempatan tersebut, diserahkan hadiah lomba siskamling kepada juara pertama pos kamling Dusun 9 Desa Nibung Kecamatan Gunungpelindung, juara 2 Poskamling Dusun 3 Desa Labuhanratu, Pasirsakti dan juara 3 Poskamling Dusun 5 Desa Banjarejo Kecamatan Batanghari.

Juara harapan 1 Poskamling Gajahmada dusun 2 Desa Karyatani Labuhanmaringgai, juara harapan 2 poskamling Dusun 5 Desa Gunungpasir Jaya Sekampungudik dan juara Harapan 3 poskamling dusun 3 Desa Sukadanailir, Sukadana. (*).

Laporan: Arif Fahrudin.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos