Pencurian Kotak Amal Masjid Terekam CCTV

img
Pengurus masjid melihat kotak amal yang telah dirusak dan dicuri isinya./iwd

MOMENTUM, Bandarlampung--Video rekaman kamera pengawas (CCTV) seorang wanita yang sedang melakukan aksi pencurian kotak amal di sebuah masjid beredar.

Peristiwa ini diketahui terjadi di Masjid Al Hidayah Jalan Cut Nyak dien, Kelurahan Kaliawi Persada, Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Bandarlampung, Senin (21-9-2020) sekira pukul 12.30 wib.

Berdasarkan pantauan dalam cctv terlihat wanita tersebut menggunakan kemeja warna merah bermotif bunga dan jilbab merah.

Wanita itu terlihat menghampiri kotak amal masjid yang terletak ditengah ruangan lalu mengeluarkan sebuah obeng untuk merusak gembok kotak amal.

Dalam waktu sekitar satu menit wanita itu berhasil merusak gembok dan membuka kotak amal tersebut. Setelah itu dia berusaha mengambil uang yang ada di dalam kotak amal setinggi satu meter.

Namun karena isinya tak begitu banyak, wanita itu sampai memasukkan kepalanya ke dalam kotak amal demi mengais uang-uang receh yang ada di dasar kotak amal.

Selanjutnya agar uang terkumpul, wanita tersebut mengambil keranjang sampah masjid untuk mengambil uang yang ada di dalam kotak amal.

Saat dikonfirmasi, pengurus Masjid Al Hidayah Firmansyah mengatakan, aksi pencurian ini baru diketahui pada sore hari ketika melihat gembok kotak amal dalam kondisi rusak.

"Awalnya saya sama jamaah masjid kaget lihat kunci gembok kotak amal rusak," ujar Firmansyah, Selasa (22-9-2020).

Firmansyah menuturkan, dia kemudian melihat kamera cctv yang telah terpasang disudut ruangan masjid.

Dari rekaman itulah, kata dia, akhirnya diketahui jika kotak amal dibongkar oleh seorang pencuri yang ternyata seorang wanita.

Firmansyah menambahkan, dalam rekaman cctv yang terpasang di halaman luar dan di dalam masjid terlihat bahwa pelaku seorang diri saat datang ke masjid dan melakukan aksinya.

"Pelaku datang ke masjid pakai sepeda motor matic, sendirian," kata Firmansyah.

Dia melanjutkan, usai memarkirkan motornya, pelaku langsung masuk ke dalam masjid dan menghampiri kotak amal.

"Pelaku bongkar gembok kotak amal itu pakai obeng, itu kalau dilihat dari cctv," ucapnya.

Firmansyah menambahkan, uang yang diambil oleh pelaku tidak begitu banyak, hanya sekitar Rp 200 ribuan lantaran pada Jumat lalu sudah diambil pengurus untuk keperluan masjid.

Sementara Kapolsek Tanjungkarang Barat AKP David Jeckson Sianipar mengungkapkan, jika pihaknya telah menerima informasi tersebut. 

"Kita sudah terima infonya. Tapi menurut laporan Bhabinkamtibmas, kata pengurus masjid mau diselesaikan secara internal saja," ungkapnya.(**)

Laporan: Ira Widya

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos