Adipati Mengikuti Rakernas Akutansi dan Pelaporan Keuangan

img
Bupati Waykanan Raden Adipti Surya mengikuti rakernas melalui video conference. Foto. Vit.

MOMENTUM, Waykanan--Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya bersama Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Ade Cahyadi mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 melalui video conference di rumah dinasnya, Selasa (22-9-2020).

Rakernas yang diselenggarakan Kementerian Keuangan tersebut mengangkat tema Tantangan Akuntabilitas Keuangan Negara Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. 

Pada pembukaan rapat, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan pemerintah terus bekerja memulihkan kesehatan dan ekonomi masyarakat akibat dampak Covid-19

Menteri Keuangan menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada semua pihak yang telah melakukan singergi dalam mewujudkan pertanggungjawaban keuangan negara secara profesional, akuntabel dan transparan. 

“Sinergi yang selama ini dibangun dengan seluruh pemangku kepentingan mulai dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan juga dengan Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP) harus dan akan terus di jaga serta ditingkatkan,” ucap Sri Mulyani. 

Menkeu juga menyampaikan terimakasih kepada Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) sebagai eksternal auditor yang telah melakukan pemeriksaan kepada seluruh laporan keuangan kementerian negara, dan lembaga, serta laporan bendahara umum negara, dan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) serta Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)

Pemerintah menghargai berbagai masukan dan rekomendasi dari BPK berdasarkan hasil dari report transparansi fiskal dan kemandirian keuangan daerah yang telah dilakukan.

Menurut dia, pada 2019, sebanyak 486 dari 542 laporan pemerintah daerah atau 89 persen mendapatkan predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Terdiri dari 34 pemerintah provinsi dan 87 pemerintah kota dan 365 pemerintah kabupaten.

“Saya berharap capaian tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Hal ini indikator semakin meningkatnya tata kelola di semua kementerian, lembaga maupun di daerah," katanya.

Menteri Keuangan mengatakan sebagai wujud apresiasi, pemerintah memberikan penghargaan kepada kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang mendapatkan opini WTP atas laporan keuangan tahun 2019 dan yang telah 5 kali atau 10 kali beruturut.

Pada acara tersebut, Kabupaten Waykanan mendapatkan penghargaan sebagai salah satu pemerintah daerah yang telah mendapatkan 10 kali WTP secara berturut-turut. (*).

Laporan: Vita.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos