Waykanan Siap Hasilkan Gula Merah dari Tebu

img
Kadisbun Waykanan Bani Aras. Foto: Vita

Harianmomentum--Saat ini kita hanya terfokus bahwa tebu hanya bisa menghasilkan gula putih dan gula tetes. Ternyata tebu juga bisa menghasilkan produk lain berupa gula merah.


Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Waykanan Bani Aras. Bahkan, gula merah yang dihasilkan dari tanaman tebu menurut penelitian yang sudah dilakukan oleh ahli gizi dari Unair Semarang, ternyata mampu mengobati penyakit diabetes.


Melihat hal ini, Disbun tertarik untuk mengaplikasikannya di Waykanan yang notabenenya banyak tanaman tebu seperti di Kecamatan Pakuan Ratu dan Negara Batin.


“Ide untuk membuat tanaman tebu yang menghasilkan gula merah tersebut, sudah dikonsultasikan kepada lembaga legislatif dan juga eksekutif sendiri dalam hal ini ketua panitia anggaran yaitu Sekdakab dan ini segera dianggarkan dalam APBD untuk pengadaan mesin pembuat gula merah dari tebu,” ujar Bani, Rabu (23/8).


Masih kata Bani, langkah-langkah yang sudah dilakukan Disbun yaitu mensosialisasikan terobosan ini kepada dua gapoktan. Mereka merespon baik dan berkeinginan segera diadakannya mesin penghasil gula merah tersebut.


Selanjutnya, akan diadakan pelatihan dengan mendatangkan pemateri dari Kabupaten Madiun ataupun Kediri, Jawa Timur yang telah terlebih dahulu menggunakan mesin peenghasil gula merah. (vit)


 







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos