Dua Hari, Pesawaran Diguncang Gempa 16 Kali

img
Informasi BMKG

MOMENTUM, Gedongtataan--Gempa bumi kembali mengguncang Kabupaten Pesawaran, Jumat (8-1-2021) sekitar pukul 8.33 WIB.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah II, gempa berkekuatan 3,8 Skala Richter itu berpusat di darat 17 kilometer sebelah tenggara Kabupaten Pesawaran. Episentrum gempa berada pada kedalam 10 kilometer di bawah tanah. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho melalui rilis yang di terima Harianmomentum.com.

Berdasarkan data BMKG, wilayah Kabupaten Pesawaran sudah 16 kali diguncang gempa. Gempa pertama terjadi 6 Januari 2021 sekita 02:31 WIB.

Terpisah, Kepala Badan Penanggaulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesawaran Mustari mengatakan, belum ada laporan terkait kerusakan bangunan maupun korban jiwa, akibat gempa tersebut.

"Gempabumi ini dirasakan hingga wilayah, Kemiling, Bandarlampung. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," kata Mustari.

Meski demikian, dia mengimbau masyarakat tidak panik, namun tetap  waspada dan jangan termakan kabar yang tidak jelas.

"Masyarakat tetap harus wasapada. Jangan termakan kabar hoax. Akses informasi resmi dari BMKG dan BPBD," imbaunya.

Dia juga mengimbau, para nelayan untuk mengurangi aktifitas melaut, menyusul kondisi cuaca ekstrim.   

"Upayakan mengurangi aktifitas di pesisir, termasuk melaut bagi para nelayan, karena kondisi cuaca saat ini tidak menentu," terangnya.

BPBD juga tersu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan menyiagakan relawan penanganan bencana. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos