Bupati Tinjau Pembukaan Jalan di Kelumbayan

img
Bupati Tanggamus Dewi Handajani melakukan serangkaian kegiatan di Kelumbayan.

MOMENTUM, Kelumbayan--Bupati Tanggamus Dewi Handajani, melakukan serangkaian kegiatan saat berkunjungan ke Kecamatan Kelumbayan, Selasa (7-4-2021).

Dalam kunjungan tersebut, Dewi meninjau pembukaan badan jalan di Pekon Sukamaju, kemudian menyerahkan bantuan bedah rumah di Pekon Paku. Terakhir, meninjau pembangunan rumah tsunami di Kecamatan Kelumbayan.

Bupati d isela kegiatan menyampaikan bahwa akibat bencana tsunami yang terjadi pada akhir 2018, terdapat sejumlah rumah yang hilang dan rusak akibat terjangan gelombang tsunami.

Pemkab Tanggamus, kata dia, telah mengusulkan bantuan kepada pemerintah pusat untuk pembangunan rumah bagi para korban dan warga yang terdampak tsunami.

"Mudah mudahan tidak lama lagi pembangunan rumah ini akan selesai, Para korban bencana tsunami mendapatkan kembali rumah yang layak huni, serta jauh dari ancaman bencana tsunami dan lainnya," kata Bupati.

Kemudian terkait bantuan bedah rumah bagi warga masyarakat Pekon Paku yang kurang mampu, Bupati menerangkan bahwa bantuan tersebut merupakan program pemerintah untuk pemugaran perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). 

"Dengan melihat kondisi rumah yang sudah tidak layak huni, dan semoga dengan bantuan bedah rumah bisa membuat mereka memiliki rumah yang layak huni serta bisa hidup dengan nyaman sehat dan tidak was was lagi bila terjadi apa-apa," terang Bupati.

Sementara dalam kesempatan yang sama, pembukaan badan jalan ada di Pekon Sukamaju, Bupati berharap hal itu akan memperlancar transportasi di wilayah tersebut, serta akan meningkatkan distribusi barang dan jasa, guna menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat. 

Lebih lanjut, Bupati menghimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

"Walaupun sekarang Kabupaten Tanggamus sudah memasuki zona kuning, tapi kita agar selalu tetap menjaga kesehatan dengan protokol kesehatan melalui 5M, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan menjaga mobilitas dan interaksi. Kita berdo'a semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu dan Indonesia kembali sehat," tandasnya.

Turut mendampingi Bupati, Kepala Dinas PUPR Riswanda Djunaidi, Kalak BPBD Ediyan Toha, Camat Kelumbayan Nauval Syahri, Uspika Kecamatan Kelumbayan, para Kepala Pekon serta Babinsa dan Babinkamtibmas setempat. (*).

Laporan: Galih/Ijal

Editor: M Furqon.



Leave a Comment