Lambar Siap Gelar Festival Sekala Bekhak di Tengah Pandemi

img
Festival Sekala Bekhak tahun 2021

MOMENTUM, Liwa--Pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor paling terdampak pandemi covid-19. Diperkirakan proses pemulihan kedua sektor tersebut akan menjadi yang paling lama dibanding sektor-sektor lain.

Karena itu, sejak saat ini Pemerintah Kabupaten Lampung Barat  (Lambar) terus berupaya mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di kabupaten setempat. Salah satunya dengan menyiapkan penyelenggaraan even promosi pariwisata tahunan bertajuk Festival Sekala Bekhak 2021.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Lambar Tri Umaryani mengatakan, Festival Sekala Bekhak menjadi satu-satunya even promosi wisata tahunan yang akan digelar di Provinsi Lampung. 

Penetapan tersebut dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui seleksi ketat dengan menyesuaikan situasi dan kondisi perkembangan pandemi covid-19.

“Mengingat pandemi belum juga berakhir, maka penyelenggaraan even Festival Sekala Bekhak tahun ini akan kita gelar dengan sistem hybrid concept, digelar tanpa penonton, dilakukan dalam venue yang terisolasi.  Masyarakat dapat menyaksikan even ini melalui tayangan live streaming di Kanal Youtube dan live pada akun Instagram Pariwisata Lampung Barat,” kata Tri Umaryani, Rabu (18-8-2021).

Dia menjelaskan, tujuan pelaksanaan Festival Sekala Bekhak tahun ini, antara lain: mempromosikan daya tarik wisata serta seni budaya Lambar, meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara ke Kabupaten Lambar. 

Membangkitkan gairah dunia usaha kepariwisataan dan ekonomi kreatif dalam menyongsong pasca pandemi covid-19.

“Festival Sekala Bekhak tahun ini mengusung tema Menikmati Alam dan Budaya Bumi Sekala Bekhak, Tangguh melawan Pandemi, Tumbuh bersama menuju Pariwisata Hebat,” terangnya.

Rangkaian acara Festival Sekala Bekhak Tahun 2021 akan dimulai pada Minggu kedua Bulan Agustus dan berakhir pada Bulan November mendatang.

“Untuk acara Festival Sekala Bekhak tahun ini, antara lain: pagelaran hybrid budaya nyambai, orkes gambus, lomba foto pariwisat dan budaya serta lomba penulisan cerita rakyat terkait obywk wisata dan budaya di Kabupaten Lampung Barat,” ungkapnya.

Dia berharap, dukungan dan peran aktif masyarakat serta seluruh pihak terkait agar pelaksanaan Festival Sekala Bekhak tahun 2021 berlansung sukses dan aman dari penularan covid-19. (**)

Laporan: sulemy

Editor: munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos