Resmikan Bendungan Way Sekampung, Jokowi Harapkan Peningkatan Produktifitas Pertanian

img
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Menteri PUPR tinjau Bendungan Way Sekampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Kamis (2-9-2021). 

Peresmian tersebut ditandai dengan pemutaran roda pintu air dan penandatanganan batu prasasti Bendungan Way Sekampung.

Jokowi pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono yang telah menyelesaikan bendungan senilai Rp1,78 triliun.

"Dengan ini Bendungan Way Sekampung di Pringsewu, Provinsi Lampung sore hari ini saya nyatakan secara resmj dibuka," kata Jokowi.

Dia pun berharap dengan adanya bendungan tersebut akan bermanfaat bagi peningkatan produktifitas pertanian di Lampung.

Jika produktifitas pertanian naik, maka dia meyakini kesejahteraan petani di Lampung pun dipastikan akan meningkat. 

"Intensitas tanam bisa ditingkatkan, dari dua kali menjadi tiga kali dalam sehatun. Artjnya produksi dipastikan akan meningkat dan kita harapkan kesejahteraan petani juga ikut meningkat," jelasnya.

Dia mengatakan, hal itu ajan berfungsi optimal jika disambung dengan sistem irigasi yang tertata baik. Mulai dari irigasi primer, sekunder hingga tersier.

Karena itu, dia meminta kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Bupati Pringsewu serta bupati yang berkaitan dengan bendungan tersebut agar memperhatikan masalah irigasi.

"Kita berharap bendungan ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya pada masyarakat Pringsewu dan sekitarnya dalam rangka mendukung produktifitas petani," terangnya.

Dia juga memastikan kebeedaan bendungan itu akan menjadi solusi bagi masyarakat yang kekurangan air bersih serta mengatasi banjir.

"Bendungan ini berkapasitas tampung 68 juta meter kubik dengan luas genangan 600 hektar. Bendungan ini multifungsi bisa untuk irigasi, kemudian untuk air baku juga untuk pembangkit listrik serta pengendalian banjir," sebutnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos