Konflik Horizonal Bisa Ancam Integrasi Nasional

img
Pelantikan Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan Lampung Timur.

MOMENTUM, Sukadana--Konflik horizontal yang disebabkan berbagai persoalan ras, suku, budaya dan agama dapat mengancam integrasi nasional.

Karena itu, seluruh komponen masyarakat harus berperan menjaga kerukunan di masyarakat. Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) merupakan salah satu wujud upaya pemda dan masyarakat untuk menciptakan iklim yang kondusif.

Demikian Wakil Bupati Lampung Timur atau Lamtim, Azwar Hadi saat melantik pengurus FPK setempat. Pelantikan berlangsung di Aula Rumah Dinas Bupati Lamtim, Rabu (24-11-2021).

"Pembauran kebangsaan merupakan bagian penting dari kerukunan nasional, dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Terwujudnya pembauran kebangsaan memperkokoh persatuan nasional, serta menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

"Kita ingin menciptakan iklim yang kondusif yang memungkinkan adanya perubahan sikap, agar menerima kemajemukan masyarakat dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya di wilayah Lampung Timur," ujar Azwar.

Pembauran kebangsaan adalah proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat, dari berbagai ras, suku, etnis, melalui interaksi sosial.

Interaksi sosial tersebut meliputi bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan dan perekonomian. Untuk mewujudkan kebangsaan tanpa harus menghilangkan identitas ras, suku dan etnis masing-masing, tambahnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, perwakilan forkopimda, kepala OPD, dan camat se-Kabupaten Lampung Timur. (*)

Laporan: Arif Fahrudin
Editor: M Furqon,






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos