Setiap Pekon Diharapkan Memiliki Cabor Unggulan

img
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi menyerahkan medali kepada para juara cabor bulu tangkis yunior.

MOMENTUM, Pringsewu--Setiap pekon (desa) di Kabupaten Pringsewu diharapkan memiliki cabang olahraga (cabor) unggulan agar dapat melahirkan atlet berprestasi.

Dengan banyaknya atlet berprestasi dari setiap pekon, ke depan Kabupaten Pringsewu bisa menjadi lumbung atlet di Provinsi Lampung untuk berlaga di even tingkat nasional hingga internasional.

Harapan tersebut disampaikan Wakil Bupati Pringsewu Fauzi ketika memonitor Pekan Olahraga Antar Pekon (Porkon) l Tahun 2021. Sekaligus memagikan medali dan piala kepada atlet berpretasi.

Pada kesempatan itu, Wabup Fauzi memberikan motivasi kepada para atlet, pelatih, panitia maupun KONI. "Ayo semua pihak terkait terus semangat jangan kendor hingga memunculkan atlet berprestasi," ucapnya.

Dia mengaku bersyukur bahwa Kabupaten Pringsewu dapat menggelar Porkon I tahun 2021 ini setelah mundur hingga empat akibat pandemi sejak Juni 2021. "Akhirnya terlaksana juga dan tetap menerapkan Prokes ketat,"ujarnya.

Menurutnya, event Porkon belum ada di kabupaten lain. "Ini berkat perjuangan KONI yang didukung oleh Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) se-Kabupaten Pringsewu," terangnya.

Karena itu, dia juga berharap, Porkon dapat menggairahkan dunia olahraga hingga ke tingkat pekon. "Memajukan olahraga, menjadi tanggungjawab bersama, termasuk pemerintah pekon," katanya.

Begitupun dengan pembinaan olahraga di tingkat pekon, agar juga dapat dibentuk Koordinator Olahraga Pekon. "Ke depan, kita ingin Porkon dapat diadakan secara rutin, serta dapat diikuti seluruh pekon dan kelurahan yang ada di Kabupaten Pringsewu,"harap Fauzi.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia  Kabupaten Pringsewu Dwi Pribadi menjelaskan, event yang baru pertama kali digelar di Provinsi Lampung, itu diikuti 65 pekon dari 133 pekon di Kabupaten Pringsewu.

Porkon mempertandingkan enam cabang olahraga, yakni pencak silat, bola voli, bulu tangkis, catur, senam dan tenis meja.

Dia berharap Porkon ini dapat menjadi pintu masuk untuk menciptakan prestasi olahraga Kabupaten Pringsewu kedepan. "Bersama cabor-cabor yang ada di Pringsewu, kita juga telah bersepakat dan menargetkan bahwa pada Porprov 2022 mendatang, Pringsewu bisa mendapat lebih dari 60 emas serta masuk tiga besar di Lampung,"terangnya.

Dwi Pribadi yang didampingi Sekretaris KONI Sutikno menambahkan, Porkon I tahun 2021 Kabupaten Pringsewu  mengusung tema 'Transformasi Hobi Menjadi Prestasi', digelar dengan protokol kesehatan dan tanpa penonton, berlangsung sepakan mulai 9 hingga 14 Desember 2021.

Kegiatan pertandingan dibagi dalam dua zona, masing-masing untuk Zona I meliputi pekon di Kecamatan Ambarawa, Gadingrejo, Pagelaran dan Pardasuka. Untuk Zona II, meliputi pekon dan kelurahan di Kecamatan Pringsewu,  Adiluwih, Banyumas, Pagelaran Utara dan Sukoharjo.

"Pembagian zona ini karena KONI Pringsewu taat akan aturan pemerintah, terkait masih adanya Covid-19,"imbuh Dwi Pribadi. (*)

Laporan: Sulistyo
Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos