Yuk Segarkan Tubuh dan Pikiran di Tegal Mas

img
Family Gathering Harian Momentum

MOMENTUM, Telukpandan--Bukan hanya penat, perasaan jemu pun sering kali hinggap akibat padatnya pekerjaan. Terlebih bagi anda yang tinggal di perkotaan. Kalau sudah begitu, ada baiknya anda menghibur diri mencari suasana nyaman. Berwisata bisa menjadi pilihan, untuk membuat tubuh dan pikiran kembali segar.

Tak perlu bingung untuk mencari tempat wisata yang nyaman dengan panorama alam nan indah dan mudah dijangkau. Pulau Tegal Mas, mungkin bisa menjadi alternatif pilihan anda untuk berwisata.

Dari namanya, tentu sudah bisa ditebak, tempat wisata tersebut berada di tengah laut. Namun, anda tak perlu khawatir akan kesulitan untuk mencapai lokasi Pulau Tegal Mas.

Pulau Tegal Mas, secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Telukpandan, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Untuk mencapai pulau seluas lebih kurang 120 hektare itu, anda harus lebih dulu menempuh jalur darat.

Dari Kota Bandarlampung, anda haru menuju dermaga penyeberangan di kawasan obyek wisata Pantai Mutun atau Pantai Sari Ringgung. Waktu tempuhnya, hanya lebih kurang 40 menit. Tergantung kondisi lalu lintas. Biasanya, kalau musim liburan, kondisi arus lalu lintas akan sangat pandat. Maklum, Kecamatan Telukpandan, memang dikenal sebagai kawasan wisata pantai di Kabupaten Pesawaran, bahkan Provinsi Lampung.

Kalau arus lalu lintas padat, otomatis waktu tempuh pun akan bertambah lama. Karena itu, ada baiknya sebelum berangkat berwisata, anda lebih dulu mencari waktu yang tepat.


Dari dermaga wisata Pantai Muntun, anda bisa menyewa perahu nelayan. Tarifnya hanya Rp250 ribu per perahu. Satu perahu bisa memuat 10 orang. Waktu tempuh yang diperlukan untuk menyeberang ke Pulau Tegal Mas hanya lebih kurang 30 menit.

Selama perjalanan menyeberang ke Pulau Tegal Mas, anda bisa menikmati sensasi panorama laut, gugusan pulau dan pengunungan yang membiru di kaki langit.

Selain menggunakan perahu nelayan, anda juga bisa menggunakan jasa penjemputan penyerberangan dengan speed boat. Ya, tentu harus lebih dulu menghubingi pihak pengelola.

"Kalau untuk penyeberangan resmi menuju Tegal Mas itu, saat ini hanya dari Dermaga Wisata Pantai Mutun. Kita juga bisa berikan layanan penjemputan dengan speed boat," kata General Manager Obyek Wisata Pulau Tegal Mas Hepy Yulizar.

Hepy menuturkan, pembangungan obyek wisata Pulau Tegal Mas dimulai pada akhir tahun 2017.  "Awalnya kita hanya membangun pondok-pondok kecil, ternyata respon masyarakat sangat positif, banyak yang berkunjung. Karena itu, kita terus lakukan peningkatan berbagai fasilitas penunjang," tuturnya.

Saat ini dari lebih kurang 120 hektare luas keseluruhan  Pulau Tegal Mas, yang sudak dikelola menjadi kawasan wisata, lebih kurang 20 hektare.

Untuk fasilitas penginapan, pengelola Pulau Tegal Mas menyiapkan beberapa tipe. Mulai dari tipe standar hingga eksklusif, antara lain: tipe Sai Bathin memiliki 19 unit kamar. Tarif sewa kamar tipe saibtin Rp3 juta permalam dengan fasilitas kasur king size, ac, sofa, televisi LCD.

Tipe Lombok Darat dengan harga sewa, Rp3 juta perunit permalam. Satu unit penginapan tipe Lombok Darat bisa dihuni maksimal empat orang. Tipe Lombok Laut dengan harga sewa Rp5 juta perunit, permalam. Satu unit tipe Lombok Laut bisa dihuni maksimal enam orang. Tipe vila yang memiliki dua sampai tiga kamar dengan harga sewa Rp2 juta hingga 3 juta permalam.


Seluruh harga sewa penginapan tersebut sudah termasuk fasilitas penjemputan penyeberangan, tiket masuk, sarapan pagi, makan siang dan malam serta sewa perlengkapan peralatan dan dokumentasi snorkling.

Selain itu, pengelola Pulau Tega Mas juga menyiapkan fasilitas ruang rapat Aula Siger: indoor dan outdoor dengan kapasitas daya tampung, masing-masing seratus orang. Selain itu juga ada ruang rapat VIP yang bisa menampung seratus orang.

Snorkling di perairan Pulau Tegal Mas, bukan hanya sekedar menikmati keindahan alam bawah laut. Jika beruntung anda bisa bernang bareng raksasa laut Hiu Tutul  (rhincodon typus) atau yang lebih dikenal dengan nama Hiu Paus.


Perarian tropis memang menjadi habitat Hiu Paus. Selain di Indonesia, jenis Hiu Paus dapat dijumpai di  perairan Thailand, Maladewa, Filipina, Taiwan, Sri Lanka dan sebagian perairal laut Australia.

Ukuran tubuh Hiu Paus rata-rata 9 sampai 12 meter, bahkan adanya yang bisa mencapai 18 meter, dengan lingkar tubuh lebih dari 2,1 meter dan bobotnya bisa mencapai puluhan ton. 

Meski bertubuh sangat besar, Hiu Paus sangat bersahabat dengan manusia. Hiu Paus bukan jenis hewan pemakan daging, makanan utamanya adalah plankton.

Selain snorkling, anda juga bisa menikmati fasilitas permainan air lainya, seperti: banana boat, kano, jet ski, dan diving. (**)

Laporan: glenn

Editor: munizar


Editor: Harian Momentum


Leave a Comment