Cegah Kasus Kekerasan Anak, Ini Langkah Pemkab Pesawaran

img
ilustrasi.

MOMENTUM, Gedongtataan-- Persoalan kekerasan terhadap anak masih saja terjadi di Kabupaten Pesawaran, karena itu pemerintah kabupaten setempat harus proaktif mendidik masyarakat. Salah satu upaya itu dalam bentuk program Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).

Program itu diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pesawaran (Dinas P3AP2KB) Kabupaten Pesawaran.

Kepala Dinas P3AP2KB Pesawaran Maysuri mengatakan, PATBM dibentuk dalam upaya mencegah dan mendeteksi sejak dini terjadinya kejahatan dan kekerasan seksual terhadap anak-anak di desa-desa.

"Jadi kader tersebut terbentuk dari gerakan jaringan kelompok warga pada tingkat masyarakat yang ada di desa, mereka ditugaskan untuk mencari tau dan menjadi tempat mengadu anak-anak di desa yang menjadi korban kejahatan maupun kekerasan seksual," katanya, Kamis (27-1-2022).

Menurut dia, program itu melibatkan semua elemen masyarakat, seperti tokoh pemuda, tokoh agama dan para masyarakat di tingkat desa tersebut, merupakan langkah strategis dalam menekan angka kekerasan anak, apalagi akhir-akhir ini semakin marak terjadi kekerasan pada anak di Indonesia.

"Jadi, semua pemangku kepentingan dan masyarakat harus bersinergi dan berperan aktif dalam memerangi kasus yang menjadikan anak-anak sebagai korbannya," terangnya.

Selain itu, tujuan dari PATBM tersebut, juga untuk menumbuhkan inisiatif dan membangun kesadaran masyarakat pedesaan sebagai ujung tombak dalam upaya pencegahan yang berkaitan dengan kekerasan terhadap anak.

"Tahun ini rencananya kami akan membuka posko pengaduan berbasis Internet, dengan begitu masyarakat yang jauh dari pusat ibu kota Pesawaran, dapat melaporkan permasalahan yang menimpa anak-anak melalui Internet maupun nomor telpon," kata dia.

Maysuri berharap, dengan adanya para kader di tingkat desa dapat menekan angka kekerasan terhadap anak-anak di Bumi Andan Jejama.(**)

Baca Juga: LPAI Dorong Polisi Usut Kasus Pelecehan Seksual






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos