STQ Lampung Selatan akan Diikuti 238 Peserta dari 17 Kecamatan

img
Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Lamsel, Eka Riantinawati memimpin rapat persiapan STQ ke-3 Lamsel.

MOMENTUM, Kalianda--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan akan melaksanakan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) pada 14-17 Februari 2022.

STQ digelar untuk mencari qori dan qoriah terbaik untuk mewakili Lampung Selatan (Lamsel) dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Lampung.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Lamsel, Eka Riantinawati mengatakan STQ ke-3 Lamsel akan diikuti 238 orang perwakilan dari 17 kecamatan.

Selain itu, kata dia, juga akan melibatkan 40 orang sebagai dewan hakim, dan 30 orang perangkat dewan hakim.

“Pembukaan STQ pada 14 Februari 2022 dilaksanakan di Aula Rajabasa (kantor Bupati Lamsel). Saya minta kita semua saling berkoordinasi dan komunikasi. Sehingga pelaksanaan STQ berjalan sukses dan lancar,” ujar Eka saat memimpin rapat pemantapan pelaksanaan STQ ke-3, Selasa (8-2-2022).

Dijelaskan, STQ dilaksanakan di tiga tempat. Lokasi utama di GOR Wayhandak (GWH) Kalianda, Kantor Kementerian Agama Lamsel, dan MAN 1 Kalianda.

Sedangkan untuk pemondokan kafilah dipusatkan di Wisma Atlet Kalianda. Dewan Hakim dan Perangkat Dewan Hakim ditempatkan di Negeri Baru Resort Kalianda.

“Jadi saya minta seluruh panitia dilihat lagi di masing-masing lokasi acara, kesiapannya seperti apa. Begitu juga PDAM tolong dibantu ketersediaan airnya. Termasuk listriknya, panitia surati PLN. Jangan sampai saat lomba listriknya padam,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteran Rakyat Setdakab Lampung Selatan, Firmansyah mengatakan STQ ke-3 digelar awal tahun untuk mencari qari qariah terbaik yang akan diikutsertakan dalam MTQ tingkat Provinsi.

“Prediksi kita untuk pengiriman kafilah untuk MTQ provinsi itu bulan April. Jadi kita persiapkan qari qariah terbaik melalui ajang Seleksi Tilawatil Quran ini,” ujar Firmansyah.

Dijelaskan, STQ dimulai pada 14 Februari 2022. Peserta melakukan registrasi dan upacara pembukaan dimulai  pada pukul 13.30 WIB. Rencananya, akan dibuka oleh Bupati Lamsel, Nanang Ermanto.

Sementaraa yang dilombakan, dia menyebutkan, antara lain, tilawatil quran, qiroat mujawwad, murattal. Hafalan quran mulai dari 1 juz, hingga 30 juz. Kemudian, lomba hafalan 100 hadits dengan sanad, tafsir Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia. Juga, lomba fahmil Quran, syarhil Quran. (*).






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos