Putra Daerah Waykanan Jabat Dirjen Bina Keuda Kemendagri

img
Mendagri Tito Karnavian melanti Agus Fatoni sebagai Dirjen Bina Keuangan Daerah

MOMENTUM, Jakarta--Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik Agus Fatoni sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda).

Pelantikan berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Kemendagri, Kamis 10 Maret 2022. Selain itu, mendagri juga melantik empat pejabat tinggi madya (eselon I) di lingkup kementerian tersebut.

Sebelum dilantik sebagai Dirjen Bina Keuda, Agus Fatoni menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri. Putra daerah Waykanan, Lampung itu juga pernah menjabat Penjabat sementara (Pjs) Gubenur Sulawesi Utara pada tahun 2020.

Dalam arahan usai pelantikan, Mendagri Tito Karnabian meminta seluruh jajaran kementerian tersebut terus meningkatkan kinerja di lingkup tugas masing-masing.

"Selalu saya katakan, petakan potensi-potensi yang tidak baik dan apa solusinya. Dunia sudah berubah (menjadi) lebih transparan. Di tengah perubahan itu, kalau kita tidak cepat beradaptasi, kita akan terimbas. Karena itu terus tingkatkan kinerja sesuai bidang tugas masing-masing,"  kata mendagri. 

Mendagri juga mengapresiasi beberapa perubahan di Ditjen Bina Keuda, diantaranya dengan memberlakukan kebijakan pelayanan konsultasi secara  online atau virtual. Pemerintah daerah yang konsultasi hanya pada hari Rabu dan tamu diterima di lobby dan tempat yang terbuka. Upaya itu penting dilakukan guna memudahkan monitoring terhadap pertemuan dan menghindari potensi gratifikasi dalam bentuk apa pun. 

"Saya apresiasi Ditjen Keuangan Daerah, tidak ada pertemuan head to head dengan daerah, tapi minimal harus ada saksi, diruangan yang ada CCTV nya, sehingga bisa monitor. Kurangi pertemuan dengan membuat sistem Dldigitalisasi seperti SIPD, IPERDA dan lain-lain," tegasnya.

Mendagri juga menekankan pentingnya perubahan sistem di semua lini. "Tempatkan  orang yang tepat. Orang yang tidak tepat ya ganti. Pindahkan, ganti dengan orang yang mau dan mampu mengubah sistem itu menjadi lebih baik," terangnya. 

Penunjukan Agus Fatoni sebagai Dirjen Bina Keuda, sepertinya memang tidak berlebihan. Kinerja dan pengalaman Agus Fatoni di lingkup Kemendagri menjadi salah satu alasan kuat mendagri mempercayakan jabatan Dirjen Binkeuda. Selain pernah menjabat Kepala Badan Litbang Kemendagri, Fatoni juga pernah menjabat Sekretaris Ditjen Binkeuda dan Kepala Sub Direktorat Dana Bagi Hasil (DBH). 

Pengalaman lain, diantaranya sebagai Kepala Bagian Protokol, Kepala Biro Administrasi Pimpinan dan Kepala Staf Pribadi Menteri Dalam Negeri. 

Agus Fatobi juga menjabat Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama,  

Sekretaris Korpri dan Kepala Seksi Otsus Papua, Papua Barat dan DIY pada Ditjen Otonomi Daerah. 

Bukan hanya di lingkup birokrasi kepemerintahan, Agus Fatoni juga aktif di sejumlah organisasi sejak masih menempuh pendidikan di bangku kuliah.

Tercatat, dia pernah menjabat 

Ketua Umum Senat Mahasiswa Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) tahun 1998-1999. Ketua Umum Forum Protokol Indonesia, Ketua Harian Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongorajaan (IKAPTK). Wakil Sekretaris Eksekutif Forum Sekretaris Daerah Provinsi (Forsesdasi) dan beberapa jabatan organisasi profesi. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos