Pemkab Salurkan Insentif Guru Honorer di Lamsel

img
Bupati Nanng Ermanto menyerahkan insentif guru honorer di Lamsel.

MOMENTUM,  Kalianda--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan memberikan insentif kepada guru honorer pada jenjang satuan pendidikan di Lampung Selatan.

Tujuannya, agar meningkatkan kualitas atau mutu pendidikan melalui peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik terutama guru honorer.

Bantuan Insentif guru honorer tahap I tahun 2022 diberikan kepada tenaga didik jenjang PAUD – TK – SD – SMP negeri, guru inklusif, guru kepulauan dan operator sekolah di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel).

Penyerahan simbolis dilakukan oleh Bupati Nanang Ermanto kepada beberapa perwakilan guru honorer di Aula Sebuku rumah dinas pada Jumat (22-4-2022).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lamsel, Asep Jamhur mengatakan, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan menjadi salah satu sumberdaya yang penting dan menjadi faktor penentu mutu pendidikan.

“Tenaga pendidik adalah sosok yang mempunyai pengaruh dominan dalam menentukan mutu pendidikan dan merupakan komponen yang paling berpengaruh terciptanya proses pendidikan yang berkualitas,” terangnya.

Lebih rinci Asep Jamhur melaporkan, pada penyerahan bantuan insentif tersebut dihadiri sebanyak 300 perwakilan guru honorer dari jumlah keseluruhan guru honorer penerima pada tahap satu tahun 2022 sebanyak 4.929 orang.

“Penerima honorium pada sekolah negeri jenjang pendidikan TK-SD-SMP negeri diwakili oleh 127 guru, guru TK diwakili 95 guru, guru inklusi 18 orang,
guru ASN dan non ASN daerah kepulauan diwakili 1 guru non ASN & 2 orang guru ASN, perwakilan operator sebanyak 57 orng guru,” lapornya.


Dalam sambutannya Bupati Nanang Ermanto, menyampaikan terima kasih kepada para guru honorer yang telah memberikan kontribusi besar dalam membentuk karakter anak bangsa di Kabupaten Lampung Selatan.

“Dengan meningkatnya kesejahteraan, para guru dapat termotivasi untuk terus meningkatkan kinerja dan kapasitas dirinya sehingga para siswa memperoleh pelayanan pendidikan terbaik dari sekolah,” ungkap Nanang.

Dia mengatakan, pembangunan pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas Pemkab Lamsel khususnya di bawah kepemimpinan bersama Wabup Pandu.

“Jumlah penerima ini bisa bertambah pada tahun berikutnya dengan catatan kemampuan anggaran Pemkab melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita memadai,” terangnya.

Dalam penyerahan simbolis tersebut, Bupati Nanang menekankan bahwa insentif diberikan dengan tujuan membantu perekonomian para guru dan tenaga kependidikan di Lampung Selatan.

“Saya sebetulnya sedih juga kalau lihat nominalnya, tapi yang perlu kita ketahui kita ini terkendala dengan kemampuan keuangan, meski nominalnya tidak terlalu besar, namun saya berharap setidaknya dapat memberikan sedikit angin segar kepada para guru honor dan diakui sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada guru honor,” ungkap Bupati Nanang. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos