Usai Lebaran Harga Daging di Gedongtataan Rp140 Ribu/Kg

img
Lapak daging sapi di Pasar Tradisional Gedongtataan

MOMENTUM, Gedongtataan--Setelah Lebaran 1443 Hijriah tahun 2022, harga daging di pasar tradisional Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran, kembali turun menjadi Rp140 ribu per kilogram.

"Menjelang Lebaran harga daging naik hingga Rp160 ribu per kilogram. Saat ini kembali normal menjadi Rp140 ribu per kilogram," kata Muhammad Chairun (56), pedagang daging di pasar Gedongtataan, Kamis 19 Mei 2022.

Dia mengatakan, terkait isu penyakit mulut dan kuku (PMK) yang sudah masuk ke Provinsi Lampung, hingga saat ini belum berpengaruh dengan harga atau peminat daging.

"Memang isu itu sudah kami dengar, tapi mudah-mudahan jangan sampai masuk ke Pesawaran. Empat hari yang lalu kita juga sudah mendapat sosialisasi dan himbauan dari dinas terkait yang turun langsung ke pedagang," ujar dia.

Dia berharap tidak ada temuan kasus terjangkitnya PMK di wilayah setempat, sebab akan mempengaruhi harga jual daging sapi, terlebih tak lama lagi masuk masa lebaran idul adha 2022.

Terpisah, Rani (35) salah satu pengunjung pasar berharap instansi terkait dapat terus memberikan edukasi kepada peternak dan penjual daging untuk menjamin kesehatan hewan yang akan dikonsumsi masayarakat.

"Ya harapan kami, semoga PMK tidak masuk Pesawaran, baik peternak maupun dinas terkait saya kira sudah melakukan langkah pencegahan," katanya. (*)


Editor: Muhammad Furqon


Leave a Comment