Topang Ekonomi Umat, Majelis Dzikir At-Thohir Tanggamus Gagas Koperasi Syariah

img
Penyerahan bantuan untuk pondok pesantren dan masjid oleh Majelis Dzikir At-Thohir Tanggamus.

MOMENTUM, Tanggamus--Kesejahteraan umat di Kabupaten Tanggamus menjadi bagian dari tanggung jawab bersama. 

Hal tersebut diungkapkan Ketua Majelis Dzikir At-Thohir Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung Ustaz Amri saat acara tabligh akbar Majelis Dzikir At-Thohir di Islamic Center Kotaagung Tanggamus, Lampung, Minggu (22-5-2022).

Untuk itu, Ustaz Amri bersama pengurus Majelis Dzikir At-Thohir yang baru saja dilantik tersebut akan membentuk koperasi syariah agar para jemaah (ibu-ibu) bisa mengembangkan usahanya. 

“Kami berencana membuat koperasi syariah agar ibu-ibu jemaah pengajian, dan para pengurus bisa buat usaha. Kita kasih modal dan mereka usaha kripik atau apa aja asalkan modal gak hilang dan keuntungan buat mereka,” ujar Ustaz Amri.

Menurut Ustaz Amri, kehadiran Majelis Dzikir yang digagas oleh Menteri BUMN Erick Thohir ini mendapat sambutan baik dari masyarakat (umat) maupun Pemerintah.

Sambutan ini, kata Ustaz Amri, terlihat dari antusiasnya masyarakat untuk ikut menghadiri tabligh akbar, santunan ratusan anak yatim-piatu, bantuan dana ke masjid dan pondok pesantren, serta pelantikan pengurus Majelis Dzikir At-Thohir Kabupaten Tanggamus.

“Semua masyarakat Tanggamus semangat dengan hadirnya Majelis Dzikir At-Thohir ini, karena sekitar dua tahun lebih pengajian diliburkan dan saat dibuka semua pada semangat,” kata dia.

Ustaz Amri mengungkapkan, salah satu program kerja pengurus Tanggamus yang sudah disepakati bersama adalah mengadakan pengajian serupa tiga bulan sekali di setiap kecamatan.

Selain itu, lanjut Ustaz Amri, kegiatan-kegiatan sosial juga menjadi prioritas pengurus Majelis Dzikir At-Thohir Tanggamus.

“Ke depan kita akan mengadakan pengajian keliling karena kepengurusan dari tingkat Kabupaten hingga ke tingkat kecamatan, ada 20 kecamatan di Kabupaten Tanggamus. Tak hanya kegiatan agama yang kami jalankan, tapi juga kegiatan sosial,” ucapnya.

“Pada intinya kami seluruh pengurus berniat membesarkan Majelis Dzikir At-Thohir ini, dengan cara bersilaturahmi tak henti lewat pengajian tiga bulan sekali serta mengembangkan ekonomi syariah,” tambah dia.

Ramlah (57) salah seorang jemaah tabligh akbar mengapresiasi kegiatan tabligh akbar ini. Sebab, sudah dua tahun lebih acara-acara keagamaan tidak diizinkan karena adanya pandemi Covid-19. 

“Alhamdulillah sudah diadakan tabligh akbar di Kotaagung. Terima kasih kepada Majelis Dzikir At-Thohir yang sudah membuat tabligh akbar. Semoga lewat kegiatan ini kita terus memperbaiki diri, dan selalu mengingat Allah SWT,” ujar Ramlah.

Di sisi lain, Staf Ahli Bupati Tanggamus Muhaimin Sastra Negara menuturkan, kehadiran Majelis Dzikir At-Thohir ini mendapat sambutan baik dari Pemerintah daerah.

Menurut Muhaimin, Bupati Tanggamus Dewi Handajani seharusnya hadir dalam acara ini, namun batal lantaran harus menghadiri kegiatan di provinsi yang tidak bisa diwakilkan.

“Saya mau sampaikan salam dari Ibu Bupati yang berkeinginan hadir bersama kita, namun ada kegiatan di Provinsi dan tidak bisa diwakilkan. Semoga kegiatan tabligh akbar dan dzikir bersama ini membawa manfaat bagi kita semua, khususnya masyarakat di Kabupaten Tanggamus,” ungkapnya. 

Terkait dengan perencanaan dibuatnya koperasi syariah oleh pengurus Majelis Dzikir At-Thohir untuk mengembangkan UMKM masyarakat Tanggamus, Muhaimin memastikan disambut baik oleh Pemerintah karena rencana tersebut sangat positif.

Hal itu, kata Muhaimin sangat tepat dengan kendala yang dialami oleh UMKM saat ini, yakni kurangnya suntikan dana.

“Soal perencanaan koperasi syariah kami menganggap itu hal yang positif kalau ingin membantu UMKM, karena di Kabupaten Tanggamus ini masih banyak UMKM yang perlu adanya suntikan dana untuk mengembangkan UMKM maupun usaha rumahan dan usaha kecil masyarakat,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, pengurus pusat Majelis Dzikir At-Thohir Ustaz Syafwatillah Muhzaib, Koordinator Lampung Syamsir, Staf Ahli Bupati Tanggamus Muhaimin sastra Negara, perwakilan Kapolres Tanggamus AKP Sugeng. S, perwakilan Dandim Tanggamus, Camat Kotaagung, KUA Kotaagung dan ribuan jemaah.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos