Keren, BRI Dinobatkan sebagai Perbankan Terbaik 2022

img
Ilustrasi Bank Rakyat Indonesia (BRI).

MOMENTUM, Jakarta--PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali mencatatkan prestasi atas kinerja solidnya, dengan meraih penghargaan menjadi salah satu Bank Terbaik 2022 untuk Bank Umum Kategori Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) 4.

Penghargaan tersebut dianugerahkan Berita Satu Media Holding kepada BRI dalam rangka Majalah Investor Awards Best Bank 2022. Ajang apresiasi tersebut mengikutsertakan 107 bank umum nasional dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dewan juri dalam acara tersebut menetapkan enam kriteria bank yang layak diperingkat.

Pertama, bank yang laporan keuangannya tidak disclaimer. Kedua, bank dengan CAR minimal 8 persen. Ketiga, bank yang laba operasionalnya dan laba tahun berjalan 2021 positif. Keempat, aset pada 2021 bank umum nasional dan BPD minimal Rp1 triliun. Kelima, tidak dalam proses merger atau akuisisi. Keenam, Tidak terkena sanksi otoritas.

Terkait prestasi tersebut Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan prestasi tersebut tak terlepas dari upaya konsisten Insan BRILian atau pekerja BRI dalam menjaga dan meningkatkan pertumbuhan kinerja perseroan.

Selain itu, kata dia, prestasi ini pun tak terlepas dari inovasi-inovasi layanan perseroan untuk memberikan value bagi seluruh stakeholders BRI. Oleh karenanya, pihaknya berterima kasih kepada Berita Satu Media Holding, Majalah Investor dan Dewan Juri yang mengapresiasi secara objektif hasil kerja keras seluruh Insan BRILian tersebut.

"Pengahargaan ini juga kami dedikasikan kepada seluruh Insan BRILiaN (pekerja BRI) dan nasabah BRI di seluruh Indonesia. BRI akan terus berkomitmen untuk menjaga kinerja positif yang berkelanjutan dengan terus meng-create economic value dan social value kepada seluruh stakeholder," ujarnya menekankan.

Dalam penilaian untuk mendapatkan penghargaan tersebut, dewan juri menyoroti beberapa kinerja BRI. Di antaranya pertumbuhan aset per kuartal I/2022 yang menjadi Rp1.650,28 triliun.

Selain itu, langkah strategis BRI dalam memperkuat layanan dan produk digital yang semakin kokoh dan lebih luas dalam menjangkau seluruh masyarakat Indonesia juga menjadi penilaian khusus.

Selain itu, BRI juga mampu membuka kuartal pertama tahun 2022 dengan cemerlang. Di tengah kondisi ekonomi yang terus bangkit dan beranjak pulih dari pandemi, dalam tiga bulan pertama tahun 2022, BRI berhasil mencatatkan laba Rp12,22 triliun atau tumbuh 78,13 persen secara year on year.

Sunarso menambahkan, BRI juga mampu menyalurkan kredit dengan pertumbuhan di atas rata-rata industri perbankan nasional diiringi dengan manajemen risiko yang baik. "Kondisi UMKM yang mulai pulih saat ini mendorong penyaluran kredit BRI tumbuh 7,43 persen yoy menjadi sebesar Rp1.075,93 triliun. Pertumbuhan tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan penyaluran kredit perbankan nasional di kuartal I 2022 sebesar 6,65 persen", tambahnya.

"Hal ini membuktikan langkah-langkah bisnis kami dinilai positif di tengah-tengah masyarakat karena mampu memberikan banyak manfaat bagi stakeholders. Oleh karena itu penghargaan ini pun akan menjadi suntikan semangat baru bagi Insan BRILian untuk terus memberi makna untuk Indonesia," katanya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos