Dua Ruas Jalan Provinsi di Metro Mulai Diperbaiki

img
Assisten II Bidang Pembangunan Sekretarian Pemkot Metro, Yeri Ehwan meninjau proses perbaikan Jalan Budi Utomo, Metro Selatan.

MOMENTUM, Metro--Dua ruas jalan provinsi di Kota Metro mulai diperbaiki. Yaitu, Jalan Budi Utomo dan Jalan Patrimura.

Jalan Budi Utomo yang berada di Kecamatan Metro Selatan dengan panjang 405 meter diperbaiki oleh Pemprov Lampung. Sementara untuk ruas Jalan Pattimura di Kecamatan Metro Utara diperbaiki menggunakan APBD Kota Metro.

Assisten II Bidang Pembangunan Sekretarian Pemkot Metro, Yeri Ehwan mengatakan, perbaikan dua ruas jalan tersebut merupakan tindak lanjut hasil koordinasi antara Pemkot Metro dengan Pemprov Lampung.

"Pengerjaan sudah berjalan dalam minggu ini. Untuk Jalan Budi Utomo dilakukan perbaikan sepanjang 405 meter dengan lebar hotmix 6 meter dan setiap sisi kanan dan kiri akan di cor beton setengah meter. Sehingga bisa mengunci kepadatan jalan seperti pengerjaan yang telah dilakukan sebelumnya," kata dia, Kamis (21-7-2022).

Dia menyebut, saat ini masih dalam proses pemadatan jalan karena kontur tanah yang labil menjadikan atensi agar pengerjaan bisa dilakukan secara maksimal.

"Keterangan dari mereka pemadatan ini akan berlangsung hingga 15 hari kedepan supaya benar-benar padat baru nanti di hotmix," ungkapnya.

Sementara, dalam pengerjaan Jalan Pattimura, Kecamatan Metro Utara dilakukan perbaikan tambal sulam di titik-titik yang mengalami kerusakan.

"Karena kami menggunakan APBD Kota Metro maka kami lakukan tambal sulam. Insyaallah tahun depan akan diperbaiki oleh Pemprov Lampung," ujar Yeri.

Dia menyebut, upaya itu yang bisa dilakukan oleh Pemkot Metro dimana keadaan keuangan yang tidak maksimal. Meskipun dengan anggaran minim pihaknya akan memaksimalkan pengerjaan tersebut.

"Untuk Jalan Pattimura itu yang bisa kami lakukan sekarang. Kalau mau maksimal ya harus di rinci dan dihitung dengan maksimal. Serta pengerjaannya juga akan dilakukan oleh provinsi, karena memang saat ini menggunakan anggaran pemeliharaan yang sifatnya darurat," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Rombongan Pekerjaan Jalan Budi Utomo, Sugiono (50) mengatakan, dalam pengerjaan ini masih berjalan 30 persen.

"Kita menargetkan satu bulan, ini masih empat hari kerja. Kami masih proses pemadatan, kami upayakan pada pengerjaan ini akan maksimal, dari yang awalnya rusak parah dan akan jadi bagus dan mulus," ujarnya.

Dia menyebut, dalam pelaksanaannya ada 15 orang pekerja yang bekerja memperbaiki Jalan Budi Utomo.

"Kendala nya lokasi ini kontur tanah nya yang labil sehingga perlu adanya pemadatan tanah terlebih dahulu. Kalau masih turun lagi akan kami timbun agar nanti setelah di aspal tidak amblas. Meskipun kedalaman yang cukup besar akan kami maksimalkan," ucapnya.(**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos