16 Anggota Pramuka Pringsewu Ikut Jambore Nasional

img
Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah menerima kunjungan pengurus dan anggota Pramuka Kwarcab Pringsewu.

MOMENTUM, Pringsewu--Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramka Pringsewu akan mengirimkan 16 anggotanya bergabung dengan Kwara Lampung mengikuti Jambore Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, 14-21 Agustus 2022.

Hal itu disampaikan Ketua Harian Kwarcab Pringsewu Gandung Hartadi mewakili Ka Kwarcab Pringsewu Fauzi dalam audiensi pengurus dan anggota Pramuka dengan Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Adi Erlansyah di aula pemkab setempat, Jumat (29/7/2022).

Dikatakan, Pramuka Kwarcab Pringsewu saat ini sudah berstandar nasional. "Di Lampung, Kwarcab Pringsewu sejajar dengan Kwarcab Bandarlampung dan Metro dan lainnya", katanya.

Namun demikian, kata Gandung, karena masih dalam suasana pandemi, pelaksanaan Jambore Nasional tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana untuk perkemahan misalnya, sangat dibatasi.

Jika biasanya satu tenda untuk sepuluh orang, sekarang satu tenda untuk satu orang. Sebagai persiapan, Kwarcab Pringsewu telah mengadakan pemusatan latihan selama 3 bulan. "Saat Jambore Nasional nanti, Kwarcab Pringsewu juga akan menampilkan pentas cerita yakni Tuah Way Karawang,"imbuhnya.

Sementara itu, Adi Erlansyah mengapresiasi seluruh pengurus, pembina dan pelatih Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Pringsewu yang telah berdedikasi memajukan Pramuka di daerahnya.

Menurut dia, Kwarcab Pringsewu merupakan salah satu Kwarcab yang terbaik di Provinsi Lampung, dimana hal itu tidak terlepas dari peran para pengurus, pembina dan pelatih.

Dikatakan, Pramuka adalah satu-satunya organisasi kepanduan yang diakui pemerintah saat ini. "Oleh karena itu, kerjasama antara Pramuka dan pemerintah sangat diharapkan dalam rangka membangun generasi muda yang berkualitas dan mandiri," ucapnya.

Menurutnya,  dalam situasi pandemi saat ini, masalah yang dihadapi pemerintah adalah anggaran. "Banyak program yang telah disusun akhirnya tertunda. Namun diharapkan hal ini tidak menyurutkan semangat kita semua, termasuk  Pramuka. Apapun kondisinya tentunya harus dihadapi,"ucapnya.

Adi Erlansyah yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Pringsewu, mengatakan, ke depan akan banyak kegiatan pemerintah daerah yang perlu disinergikan, termasuk diantaranya dengan Pramuka.
 
"Yang jelas pemerintah daerah tetap berkomitmen untuk selalu mendukung kegiatan kepramukaan. Ada perangkat daerah yang tentunya terlibat langsung dengan Pramuka yakni Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Jadi diharapkan ada sinergitas yang lebih erat," harapnya.

Turut hadir pada pertemuan itu, Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Samsir Kasim dan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Budi Heryanto yang juga dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Purhadi dan jajaran Kwarcab Pringsewu.  (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos