Pertokoan di Metro akan Dijadikan Display Wisata

img
Walikota Metro Wahdi Sirajuddin

MOMENTUM, Metro--Walikota Metro Wahdi Sirajuddin memimpin rapat koordinasi pematangan Strategi Optimalisasi Pemanfaatan Barang Milik Daerah pada Pusat Pertokoaan dan Pasar.  Rapat  berlangsung di rumah dinas walikota setempat, Rabu (12-10-2022).

Pada rapat tersebut, walikota meminta keberadaan pusat pertokoan tidak hanya difungsikan sebagai tempat jual beli. Lebih dari itu dijadikan display  tempat wisata dengan menyiapkan spot dan fasilitas pendukung, seperti tempat bermain anak.  

"Meskipun lokasinya kecil, alangkah baiknya pengelola pusat pertokoan menyiapkan  spot dan fasilitas untuk pusat bermain anak-anak sehingga menciptakan rasa ingin berkunjung ke pasar," kata Wahdi.

Dengan kondisi tersebut, lanjut dia, akan memicu perubahan pola pikir, untuk  merubah kawasan  pertokoan dan pasar menjadi  lebih  bersih, tertib  dan rapi.

“Tentunya butuh kebersamaan dari kita semua untuk mewujudkan konsep ini, sehingga kelak kawasan pertokoan dan pasar bisa menjadi tempat yang menyenangkan  dan nyaman bagi masyarakat (pengunjung) dan pedagang," harapnya.

Pejabat Analis Kebijakan Bagian Pembangunan Pemkot Metro  Paul memaparkan terkait monitoring evaluasi pembangunan dan strategi optimalisasi pemanfaatan barang milik daerah pada pusat pertokoan.

Menurut dia, penerapan strategi optimalisasi pemanfaatan barang milik daerah itu juga harus 

memperhatikan kondisi bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1979. Kondisi tersebut, lanjut dia,  tentunya membutuhkan penilaian fungsi bangunan, serta membutuhkan pembiayaan untuk penerima manfaat. 

“Kami memiliki empat skenario yang dapat di lakukan yakni bangun guna serah, kerjasama pemanfaatan yang bekerjasama dengan badan usaha dengan tidak merubah sebagian besar bentuk bangunan, pengelolaan mandiri yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan melalui Pemkot, serta swadaya penyewa,” paparnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos