Cegah Penularan HIV di Kalangan Pelajar, Metro Bentuk Satgas Sekolah

img
Kepala Disdikbud Kota Metro, Suwandi.

MOMENTUM, Metro--Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro membentuk satgas sekolah untuk mencegah kenakalan remaja. Termasuk menanggulangi penularan HIV (Human Immunodeficiency Virus) di kalangan pelajar.

Kepala Disdikbud Kota Metro, Suwandi mengatakan, pihaknya sudah melakukan beberapa upaya dalam memutus penularan HIV atau virus yang menyerang kekebalan tubuh di lingkungan sekolah.

"Satgas sekolah ini bukan hanya untuk menyelesaikan satu persoalan saja. Namun, mereka diminta untuk menangani persoalan yang banyak. Termasuk penanggulangan HIV," kata dia, Kamis (22-12-2022).

Dia menjelaskan, penularan HIV itu bermula dari kenakalan remaja yang saat ini sering dijumpai di kalangan pelajar. Mulai dari bolos sekolah, nongkrong hingga pacaran yang tidak wajar.

"Jadi satgas itu fungsi nya untuk itu. Mulai dari tingkat dinas hingga ke setiap sekolah sudah kita bentuk satgas. Untuk mengawasi kenakalan yang terjadi di sekolah," ujarnya.

Dia menambahkan, seluruh kegiatan sekolah juga sudah masuk dalam edaran Disdikbud Kota Metro. Bahkan, untuk meningkatkan keimanan pelajar, pihaknya mengadakan program mengaji untuk yang beragama muslim.

"Kita adakan membaca kitab suci 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Itu bagian dari upaya kita untuk menghindari hal-hal yang negatif," tambahnya.

Diketahui, pada tahun 2022 ini sebanyak empat pelajar di Metro masuk dalam data pasien terjangkit HIV.(**)








Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos