Puluhan Toko di Shopping Center Terbengkalai, Silakan Warga Metro yang Mau Berdagang

img
Kepala Dinas Perdagangan Kota Metro, Elmanani saat meninjau toko kosong di Shopping Center Kota Metro.

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro mengganti kunci toko di Shopping Center yang kosong dan tidak ditempati lagi oleh penyewanya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Metro, Elmanani mengatakan, pergantian kunci tersebut dikarenakan toko sudah terbengkalai bertahun-tahun.

"Ini tahap awal eksekusi, meskipun masih secara simbolis dan akan diteruskan hingga seluruh toko yang kosong benar-benar sudah diganti kuncinya. Memang, toko yang kami ganti kuncinya ini merupakan toko yang sebelumnya disewa namun sudah tutup dan tidak terawat lagi," kata dia, Jumat (13-1-2023).

Dia menambahkan, ada sekitar 42 toko yang saat ini sudah tidak buka dan tidak ada aktivitas jual beli selama bertahun-tahun.

"Tujuan kami untuk penataan dan pemanfaatan barang. Untuk toko ini, tentu untuk meningkatkan PAD yang kami kelola. Karena selain pertokoan kami juga mengelola pelataran yang didepan," tambahnya.

Dia menyebut, alangkah sayangnya jika pertokoan yang ada di Shopping Center ini dibiarkan terbengkalai. Sementara, masih banyak pedagang yang melakukan aktivitas jual beli di kaki lima.

"Bisa kita tekankan, untuk pertokoan di Shopping Center ini tidak ada sewa menyewa sekarang. Hanya saja, mereka wajib membayar retribusi harian saja. Mulai dari membayar uang sampah, keamanan, dan listrik saja," ungkapnya.

"Silakan saja yang ingin menempati toko di Shopping Center asal dia orang Metro karena itu prioritas kami," lanjutnya.

Kadis menjelaskan, semua orang boleh untuk berjualan disini. Asal jangan mengaku untuk dipergunakan berdagang namun malah dibiarkan saja hingga bertahun-tahun.

"Yang sudah di ganti kunci ini mereka yang benar-benar tidak bisa kami hubungi lagi. Baik secara administrasi selamat empat bulan lalu. Sehingga, nanti bisa kita manfaatkan kembali," pungkasnya.(**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos