KKN di Pakuanratu, Mahasiswa Unila Edukasi Warga Manfaatkan Lahan Pekarangan

img
Mahasiswa Unila yang melakukan KKN Periode 1 Tahun 2023 di Desa Negararatu, Kecamatan Pakuanratu, Kabupaten Waykanan.

MOMENTUM, Pakuanratu -- Mahasiswa Universitas Lampung (Unila) yang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Negararatu, Kecamatan Pakuanratu, Kabupaten Waykanan melakukan sejumlah kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan mahasiswa Unila itu antara lain tentang pemanfaatan pekarangan untuk kegiatan produktif. Seperti menanam sayuran di polybag. Selain untuk memenuhi kebutuhan keluarga, pemanfaatan pekarangan juga perlu memperhatikan keasrian halaman rumah.

Tanaman percontohan yang dibudidayaan antara lain cabai dan terong. Memanfaatkan lahan kosong yang berada di samping Gedung Serba Guna (GSG) Tinera Desa Negararatu. "Lokasi ini dipilih agar masyarakat mudah untuk belajar bersama," kata Siti Hafsyoh Aldilla dalam rilisnya, Rabu 18 Januari 2023.

Mahasiswa Fakultas Pertanian Unila, itu menjelaskan, bercocok tanam merupakan program yang memiliki manfaat untuk masyarakat. "Kami mahasiswa memberikan edukasi dari pelajaran yang kami dapatkan di kampus kepada masyarakat," katanya.

“Selain memberikan percontohan penanaman sayuran, kami juga memberikan pelatihan merawat tanaman sayuran secara sederhana. Seperti cara pemberian dan komposisi pupuk yang benar. Penanganan hama penyakit tanaman," Aldilla menjelaskan.

Dia berharap, kegiatan itu dapat menjadi acuan ataupun percontohan bagi warga. Selanjutnya, mereka memanfaatkan lahan perkarangannya dengan tanaman sayuran untuk setidaknya memenuhi kebutuhan konsumsi keluarga.

Sementara rekannya, Vernanda Saktilas mengatakan, menanam sayuran selain memberikan efek kesehatan jika dikonsumsi, juga bisa melestarikan lingkungan sekitar.

Menurutnya, penanaman tanaman pangan, memberi contoh untuk memanfaatkan lahan-lahan yang belum diberdayakan, dan mengisinya dengan tanaman-tanaman yang sifatnya tidak terlalu lama untuk dipanen.

Sementara Pj Kepala Kampung Negararatu, Ria Kartika Sari, menyambut baik kedatangan mahasiswa KKN di desanya.

Ia berharap mahasiswa ini bisa bekerjasama dengan masyarakat memberikan ilmunya kepada warga desa. “Semoga apa yang sudah dilakukan bersama mahasiswa bisa diteruskan dan bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Selain itu, mahasiwa kelompok KKN yang di desa ini juga mengadakan kegiatan olahraga tournamen badminton, penanaman tanaman buah bersama kelompok tani, bersih-bersih lingkungan dan lainnya. (**)


Editor: Muhammad Furqon


Leave a Comment