Kasus Pencabulan Pelajar SMP, Kemensos Turun ke Mesuji

img
Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kementerian Sosial Kanya Eka Santi menberikan keterangan terkait penanganan kasus pencabulan dua pelajar SMP di Kabupaten Mesuji

MOMENTUM, Mesuji--Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan perhatian serius terhadap upaya penanganan kasus pencabulan yang dilakukan oknum kepala yayasan SMP di Kabupaten Mesuji terhada dua siswi.

Terkait hal tersebut, Kemensos mengutus Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kanya Eka Santi turun ke Kabupaten Mesuji. Kanya Eka Santi mengatakan, kasus tersebut sangat kompleks. Karena itu Kemensos perlu melakukan upaya pendampingan terhadap korban, khusunya untuk pemulihan mental dan pisikologi.  

"Selain dua korban pencabulan, kami juga sudah memanggil kedua orang tua yang bekerja di luar daerah dan luar negeri," kata Kanya saat menyambangi Mapolres Mesuji, Selasa 24 Januari 2023. 

Selain melakukan upaya pemulihan mental dan pisikologi korban pelecehan seksual tersebut, kemensos juga akan memberikan edukasi kepada orang tua korban, tetkait pengasuhan dan melindungi hak-hak anak.

Baca juga: Oknum Kepala Yayasan SMP Ditangkap

Dia juga mengajak Pemkab Mesuju memperkuat sinergi dalam pelaksanaan program pengawasan dan pencegahan pelecehan seksual, khusysnya kepada anak di bawah umur.

"Pencegahan dan pengawasan itu merupakan hal mendasar. Karena itu, kementerian sosial mempunyai program komunitas peduli anak yang sampai ke desa-desa. Agar program ini optimal dan efektif, tentunya perlu sinergi yang kuat dengan pemerintah daerah," harapnya. (**)


Editor: Munizar


Leave a Comment