26 Poktan di Menggala Dapat Bantuan Benih Jagung dari Hanan

img
Anggota DPR RI Hanan A Rozak bersama kelompok tani di Menggala. Dalam kunjungan itu, Hanan memberikan bantuan 13,5 ton benih jagung.

MOMENTUM, Menggala -- Anggota DPR RI Hanan A Rozak memberikan bantuan benih jagung sebanyak 13,5 ton kepada 26 kelompok tani (poktan) se-Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulangbawang.

Bantuan tersebut diserahkan politisi Partai Golkar itu saat berkunjung ke Kecamatan Menggala pada Jumat  3 Maret 2023.

Hanan mengatakan Provinsi Lampung khususnya Kabupaten Tulangbawang saat ini kekurangan pasokan jagung. Karena itu, kebutuhkan jagung harus didatangkan dari daerah lain atau mengimpor.

"Khususnya para peternak yang ada di Kabupaten Tulangbawang, termasuk Tulangbawang, saat ini kesulitan memperoleh pasokan jagung. Produk jagung yang ada tidak sesuai dengan kebutuhan," ujarnya.

Oleh karena itu, Hanan menerangkan guna memenuhi kebutuhan jagung para peternak, pihaknya memberikan bantuan benih jagung untuk dikembangkan para petani di Menggala. Diharapkan, ke depan khusunya peternak tidak lagi kesulitan mendapatkan jagung.

"Kita semua ketahui, selama beberapa tahun terakhir banyak lahan lahan gambut milik petani di Tulangbawang khususnya Menggala kurang dimanfaatkan. Dulunya saya berniat memanfaatkan untuk ditanami jagung," kata mantan Bupati Tulangbawang itu.

Selanjutnya, Hanan menyebutkan bantuan benih jagung yang diberikan secara gratis kepada petani melalui 26 kelompok tani di Menggala itu sebanyak 13,5 ton.

Dikatakan, lahan gambut miliki petani di Tulangbawang sekitar 900 hektare yang bisa ditanam jagung. Nanti per satu hektare mendapatkan bantuan 15 - 20 Kg benih jagung hibrida.

Bantuan itu diharapkan dapat digunakan petani  memanfaatkan lahannya berusaha tani jagung.  Selanjutnya, bisa menjadi contoh petanni lain yang akan menanam jagung.

Sementara Elman, koordinator dari 26 poktan di Mengggala mengapresiasi Hanan A Rozak yang memperhatikan petani. "Terus terang, pada 5 tahun lalu pemerintah Tulangbawang tidak pernah memperhatikan kami para petani jangankan mau diberikan bantuan seperti ini, dikunjungi saja tidak pernah," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya bersama dengan 26 kelompok tani lainnya agar berupaya semaksimal mungkin untuk mengembangkan usaha jagung.

"Karena sudah menjadi komitmen kami ke depan, kami bersama dengan para petani lainnya akan mengembangkan semua jenis tanaman kami supaya para petani di Tulangbawang maju dan sejahtera," papar Elman. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos