Rakernas di Bali, IKA UII Gelorakan Aksi Kemanusiaan dan Toleransi Umat Beragama

img
Ikatan Keluarga Alumni UII Yogyakarta di Bali.

MOMENTUM, Bali--Rapat Kerja Nasional Ikatan Keluarga Alumni UII (Rakernas IKA UII) Yogyakarta berlangsung di Bali, 9-11 Maret 2023.

Aksi sosial kemanusiaan dan toleransi antar umat beragama kembali ditunjukan oleh Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) di Banjar Segara, Desa Adat Kuta, Badung pada Jumat (10-3-2023) pagi.

Kegiatan Walking and Giving yang bertajuk ‘Bersinergi Membangun Negeri, diawali dengan jalan sehat oleh keluarga IKA UII sembari berbelanja produk UMKM di sekitar kawasan wisata pantai Kuta. Setelah itu, sekitar pukul 08.00 Wita, IKA UII menuju Banjar Segara, Kuta untuk membagikan ratusan paket sembako dan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada masyarakat setempat Desa Adat Kuta.

Ketua Alumni IKA UII, MA Syarifuddin menerangkan ketika terjadi bencana di Indonesia pihaknya turun membantu kepada sesama tanpa pandang bulu. 

Kali ini, walaupun didapuk di Banjar Segara, Kuta, nantinya kata dia bantuan sembako tersebut juga akan digelontorkan ke 13 banjar lainnya, diantaranya Banjar Adat Abianbase, Banjar Adat Pelasa, Banjar Adat Pering, Banjar Adat Pemamoran, Banjar Adat Temacun, Banjar Adat Pande Mas, Banjar Adat Pengabetan, Banjar Adat Jaba Jero, Banjar Adat Buni, Banjar Adat Tegal, Banjar Adat Anyar, Banjar Adat Segara, dan Banjar Adat Tebasari.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh warga Banjar Segara, Kuta. Kami ada membawa sedikit bingkisan semoga diterima dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Semoga ini bukan yang terakhir dan semoga kita bisa bertemu lagi pada kegiatan bakti sosial lainnya,” ujar MA Syarifuddin dalam sambutannya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia, Mahfud MD yang juga sebagai salah satu alumnus IKA UII menerangkan kegiatan bakti sosial saat ini merupakan salah satu pelaksanaan peran suci bangsa Indonesia.

“Kami dibekali oleh konstitusi yang menyatakan bahwa negara Indonesia membangun kesejahteraan bangsa. Di dalam setiap agama keberagamaan itu akan menjadi baik mana kala diwujudkan dalam bentuk wujud solidaritas sosial. Hari ini secara simbolis dilakukan di Banjar Segara, Kuta dan untuk itu saya mengajak semua untuk menyanyikan lagu Indonesia Pusaka,” tuturnya yang ditutup dengan menyanyikan lagu Indonesia Pusaka.

Sementara, Kelian Banjar Segara, Desa Adat Kuta, I Ketut Werka yang turut menjamu para alumni IKA UII hari ini menyampaikan kebahagiaannya. Sebab, kata dia momen acara bakti sosial dilaksanakan di Banjar Segara, Kuta.

“Kami sangat antusias dan suatu kebanggan yang sangat luar biasa bagi kami. Mudah-mudahan tali silaturahmi ini tidak akan berakhir sampai di sini dan akan terus berlanjut. Kami dari keluarga besar Banjar Segara Kuta, Desa Adat Kuta, menyampaikan turut bergembira dan selamat melaksanakan Rakernas hari ini,” tambah I Ketut Werka.

Selain membagikan paket sembako, DPP IKA UII juga menggelar pemeriksaan Kesehatan secara gratis bagi masyarakat yang berlangsung di Banjar Segara Kuta. Pemeriksaan gratis dilakukan oleh para dokter lulusan UII.

Sebanyak 650 paket bantuan sosial dibagikan pengurus dan anggota Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (DPP IKA UII) kepada masyarakat di berbagai wilayah di Bali.

Selanjutnya, sebanyak 650 kotak sembako tersebut dibagikan ke 13 Banjar.

Hadir pula dalam aksi sosial ini adalah Ketua Mahkamah Agung RI yang juga Ketua DPP IKA UII, Prof. Dr. Syarifuddin, S.H., M.Hdl dan I Nyoman Water, Kepala Lingkungan Banjar Segara.

Sekretaris Jenderal DPP IKA UII, Ari Yusuf Amir mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan toleransi alumni UII yang muslim kepada masyarakat Hindu di Bali.

"Keluarga besar DPP IKA UII sangat peduli dan prihatin dengan pandemi yang telah berpengaruh pada hampir semua aspek kehidupan masyarakat Indonesia," ujar Ari Yusuf Amir.

Ia juga menjelaskan bahwa IKA UII memiliki cabang hingga ke seluruh provinsi di seluruh Indonesia.

"Kami berharap kegiatan seperti ini bisa diteruskan oleh pengurus-pengurus kami di masing-masing wilayah. Meskipun jumlahnya tidak seberapa tapi setidaknya hal ini menunjukkan kepedulian kita tidak hanya sebagai alumni UII tapi juga sebagai anak bangsa terhadap saudara-saudara kita yang terdampak pandemi," ujar Ari.

Ditambahkannya, aksi sosial seperti yang dilakukan di Bali ini, sudah sering dilakukan Ikatan Keluarga Alumni UII.

Saat Pandemi Covid-19, IKA UII membantu menyebarkan ribuan paket baju APD dan peralatan penunjang petugas medis. Ribuan paket sembako juga diberikan di sejumlah wilayah di Indonesia untuk membantu warga yang terdampak pandemi.

Begitu juga saat terjadi musibah di berbagai daerah lainnya, seperti Gempa di Cianjur dan bencana banjir di sejumlah daerah lainnya, IKA UII berusaha salurkan bantuan untuk membantu warga yang menjadi korban.

Sementara di Jakarta, IKA UII juga telah merintis pemberian 50 gerobak untuk berjualan bagi warga. Ke depan pemberian gerobak untuk berjualan akan kembali dilakukan demi mendukung ekonomi masyarakat khususnya di sektor UMKM.

Rakernas IKA UII di Bali tahun ini, DPP IKA UII digelar di Pulau Dewata Bali dari tanggal 9 hingga 11 Maret 2023.

Acara dibuka dengan Gala Dinner bernuansa budaya Bali yang berlangsung Kamis, 9 Maret 2023 di Denpasar Ballroom, Hotel Patra Bali.

Dilanjutkan Jumat pagi dengan aksi sosial Walking & Giving, dan Rapat Kerja Nasional yang berlangsung Jumat siang hingga sore di Nusa Dua Bali.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos