Jalan Terusan Ryacudu Mulai Diperbaiki

img
Kondisi Jalan Terusan Ryacudu saat sebelum diperbaiki

MOMENTUM, Bandarlampung--Jalan Terusan Ryacudu yang merupakan akses menuju Gerbang Tol Itera Lampung Selatan mulai diperbaiki.

Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Lampung pun memastikan perbaikan Jalan Terusan Ryacudu selesai sebelum lebaran.

Meski demikian, Kepala Dinas BMBK Lampung Febrizal Levi Sukmana mengatakan, perbaikan tersebut dilakukan secara bertahap.

"Jalan terusan Ryacudu atau Simpang Korpri - Purwotani saat ini sedang dilakukan perbaiki," kata Levi, Rabu (5-4-2023).

Menurut dia, tender perbaikan jalan tersebut sudah dilakukan sejak awal Tahun 2023. Sehingga diharapkan bisa selesai sebelum lebaran.

"Kita sudah tender di bulan januari, sehingga saat ini sedang diperbaiki. Insya allah H-10, satu jalur sudah bisa dipakai untuk mengantisipasi angkutan lebaran," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di website LPSE Provinsi Lampung, untuk perbaikan jalan tersebut dianggarkan Rp13,8 miliar. Perbaikan jalan tersebut dilakukan oleh CV Aprilyo Construction. 

Sebelumnya, Levi menjelaskan, Dinas BMBK Lampung telah melakukan soil test atau uji sondir untuk memastikan permasalahan dari jalan tersebut. 

"Ada bebrapa titik itu, nanti kita soil test titik-titiknya. Rencananya nanti mau kami rigid sepanjang 500 meter pada bagian kanan dan kiri," jelasnya.

Dia mengungkapkan, Dinas BMBK sebenarnya telah merencakan perbaikan Jalan Terusan Ryacudu pada tahun lalu. Tetapi, jalan tersebut belum diserahkan terimakan kepada Pemprov Lampung. 

"Rencananya itu mau diperbaiki tahun kemarin. Tapi jalan itu belum diserahterimakan (FHO) dari Waskita ke Hutama Karya. Maupun Hutama Karya ke Pemprov Lampung," jelasnya. 

Bahkan, dia menyebutkan, hingga saat ini jalan tersebut belum diserahterimakan kepada Pemprov Lampung. Meski demikian, Dinas BMBK telahy berkoordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Lampung terkait dengan perbaikan jalan tersebut. 

"Hasil koordinasi, solusinya tahun depan Pemprov akan merigid jalan tersebut. Walau belum ada serahterima," jelasnya. (adw)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos