Cegah Korupsi, Forum PAK Lampung Gandeng KPK

img
Forum Penyuluh Anti Korupsi (PAK) Lampung menggelar dua acara, yakni kuliah umum dan dialog interaktif

MOMENTUM, Bandarlampung--Forum Penyuluh Anti Korupsi (PAK) Lampung menggelar dua acara: kuliah umum dan dialog interaktif dalam sepekan.

Acara yang diselenggarakan hasil kerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu, akan digelar pada Selasa 11 hingga 12 April mendatang.

Sekretaris Forum PAK Lampung Fariza Novita mengatakan, tujuan acara itu guna memberi pemahaman kepada masyarakat, agar jika melihat, mendengar atau mengetahui tindak pidana korupsi dapat melapor ke KPK. 

"Kemudian, memberi penyuluhan guna mencegah terjadinya korupsi di lingkungan masing-masing," kata Fariza kepada harianmomentum.com, Senin (10-4-2023).

Sebab, pencegahan korupsi dinilai sangat penting disampaikan kepada masyarakat, lantaran saat ini praktik kotor tersebut berjalan sangat masif.

"Pada perkembangannya, praktik korupsi ini kian menjadi-jadi. Sehingga masyarakat harus berperan guna mencegah hal tersebut. Terutama menjelang hari raya," harapnya.

Karena itu, Forum PAK Lampung menggelar acara pada 11 April yang dibalut kuliah umum dan seminar nasional bertema pencegahan gratifikasi dan konflik kepentingan menjelang hari raya. 

"Acara akan digelar di Gedung Pusiban, komplek Kantor Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat dan akan dihadiri Gubernur Arinal Djunaidi atau yang mewakili," jelasnya.

Selain itu, acara tersebut juga akan dihadiri perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung.

"Sedangkan, untuk masyarakat umum dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) se-Lampung, dapat mengikuti acara secara online melalui zoom meeting," terangnya.

Dengan pembicara utama (keynote speaker), Deputi Bidang Pendidikan dan Peran serta Masyrakat KPK Wawan Wardiana.

"Kemudian, diisi narasumber yang merupakan Widyaiswara Madya KPK selaku Penyuluh Anti Korupsi Utama. Lalu, Ketua Forus PAK Lampung Aris Supriyanto," paparnya.

Sedangkan, pada acara dialog interaktif bertema pengenalan pendidikan anti korupsi dan penyuluh, PAK Lampung kembali menggandeng lembaga anti rasuah.

"Acara akan diisi oleh Pengembangan Pembelajaran dan Mutu ACLC KPK M. Indra Furqon, serta Tim Pemberdayaan Paksi dan API ACLC KPK Aris Ricardo Sinaga," terangnya.

Lalu, ada penyuluh dari Forum PAK Lampung Aris Supriyanto dan Fariza Novita pada acara yang diselenggarakan pada pukul 08.00 - 09.00 WIB itu. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos