Pemilu 2024 Bertabur Caleg Artis, Pengamat: Jangan Hanya Jadi Vote Getter

img
Budiyono, Pengamat Politik dan Akademisi Universitas Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Tahapan demi tahapan proses pemilihan umum (Pemilu) 2024 masih terus bergulir. Tak jarang, bakal calon legislatif dari kalangan artis pun bermunculan.

Banyak artis yang membelokkan setir kemudinya ke panggung politik. Seperti Krisdayanti, Narji Cagur, Choky Sitohang, Nafa Urbach, Rieke Diah Pitaloka, Rano Karno, Desy Ratnasari, Eko Patrio dan lain sebagainya.

Tak kalah beken, di Provinsi Lampung juga terlihat beberapa artis dan kalangan selebgram hingga musisi ibukota maju sebagai calon legislator. Diantaranya, Mira Desiana, Angga The Potters, dan Andhika Kangen Band yang kompak maju melalui Partai Demokrat Lampung.

Menanggapi hal itu, Pengamat politik sekaligus Akademisi Universitas Lampung, Budiyono mengatakan fenomena seperti ini sudah terjadi sejak masa orde baru.

"Harapannya mereka tidak hanya menjadi pendongkrak suara atau Vote Getter dan meraih kursi, namun tidak mempunyai warna di parlemen. Artinya kita perlu gagasan mereka," kata Budiyono, kepada harianmomentum.com, Selasa (16-5-2023).

Menurut dia, para artis ini perlu belajar banyak mengenai kemampuan dan pengetahuan tugas dan fungsi legislasi.

Apalagi, lanjut dia, dalam penerapan sistem pemilu proporsional terbuka fenomena artis terjun ke dunia politik akan menarik parpol untuk mendapat suara.

"Di Legislasi itu kan seni ya, tapi saya lihat belum ada hal yang signifikan yang dilakukan para artis ketika menjadi legislator," ujar Budiyono.

Dia melanjutkan, dari kacamatanya sejauh ini baru Rieke Diah Pitaloka yakni artis juga legislator fraksi PDIP yang keberadaannya masih bisa dirasakan.

Dia mengimbau kepada masyarakat khususnya Lampung, untuk selalu melihat rekam jejak (track record) seseorang yang nantinya akan dipilih menjadi wakil rakyat.

"Kita sebagai masyarakat sudah semestinya menjadi pemilih yang cerdas, yang bukan hanya melihat popularitas," imbau dia.

"Tentu ini berlaku bagi calon-calon petahana ataupun yang baru akan maju menjadi legislator," tambah dia.

Masih menurut dia, rekam jejak merupakan hal penting yang bisa menentukan bagaimana caleg ini bisa memberikan kontribusinya untuk rakyat.

"Harapanya, siapa saja yang terpilih nantinya akan memberikan warna di parlemen. Bisa mempunyai gagasan yang bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat," harapnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos