Besok, 606 Calon Anggota Bawaslu Ikuti Tes Psikologi

img
Peserta seleksi anggota Bawaslu saat mengikuti tes CAT beberapa waktu lalu. Foto: dokumen Timsel

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah 606 Bakal Calon Anggota Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) terdiri dari perwakilan kabupaten/kota se-Provinsi Lampung akan mengikuti Tes Psikologi. Tes akan dilaksanakan dua hari, yaitu Selasa (04-07-2023) dan Rabu (05-07-2023) yang terbagi dalam tiga sesi.

Menurut Ketua Tim Seleksi (Timsel) Zona I Bambang Suhada, tes psikologi dibagi dalam dua tahapan, yakni tahapan tes psikologi Computer Assited Teknology (CAT) dan tes psikologi manual. 

“Untuk tes psikologi CAT akan dilaksanakan di laboratorium komputer Universitas Malahayati pada Selasa (4-7), sementara tes psikologi Manual akan diikuti oleh peserta di Ballroom Swiss-Belhotel Lampung pada hari Rabu,” kata Bambang kepada pada harianmomentum.com, Senin (03-07-2023).

Ketua Timsel Zona II Hamzah menambahkan, tes dibagi menjadi tiga sesi berurutan sesuai zona.

"Diawali zona I, lalu zona II dan terakhir zona III. Tes psikologi manual, akan diikuti oleh peserta dari ketiga Zona dalam hari yang sama,” tambah Hamzah.

Sementara, Ketua Timsel Zona III Muhtadi mengatakan, tes psikologi dilaksanakan berdasarkan kerjasama Bawaslu RI dengan Mabes Polri.

“Mabes Polri selanjutnya menugaskan Polda di masing-masing Provinsi untuk menjalankan tes Psikologi,” ujar Muhtadi.

Tes psikologi, lanjut Muhtadi, sepenuhnya di bawah kontrol dan koordinasi Polda. Timsel hanya bersifat mengawasi.

Untuk diketahui, Timsel Zona I diketuai Dr Bambang Suhada terdiri dari Bawaslu Lampung Utara, Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Waykanan.

Zona II diketuai Prof Hamzah meliputi Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Kota Bandarlampung dan Kota Metro.

Zona III diketuai Dr Muhtadi meliputi Kabupaten Lampung Barat, Pesawaran, Pesisir Barat, Pringsewu, dan Tanggamus.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos