Waykanan Siap Sukseskan P3PD

img
Bupati Waykanan Raden Adipati Surya (dua dari kanan) menghadiri Rakornas dimulainya pelaksanaan P3PD

MOMENTUM, Jakarta--Kabupaten Waykanan siap mendukung kelancaran Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) yang dilaksanakan pemerintah pusat.

Kesiapan tersebut disampaikan Bupati Waykanan Raden Adipati Surya usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional dimulainya pelaksanaan P3PD, Selasa (11-7-2023). Rakornas yang berlangsung di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta itu dipimpim Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. 

Melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Ixuan Akhmadi, Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mengatakan, tujuan P3PD meningkatkan kapasitas kelembagaan desa. Muara dari pelaksanaan program tersebut adalah terwujudnya tata kelola pemerintahan desa yang baik. Sekaligus dan meningkatkan kualitas pembangunan desa.

Karena itu, lanjut bupati, Pemkab Waykanan siap menyukseskan pelaksanaan program tersebut.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan, P3PD sudah dipersiapkan sejak tahun 2020, namun terkendala Pandemi Covid-19.

"P3PD ini bentuk penerapan konsep pembangunan desa mengepung kota. Untuk kelancaranya pelaksananya, pemeritah pusat menggelontorkan dana desa dari Rp900 juta sampai Rp3 miliar. Itu sifatnya pancingan, atau motivasi agar pemerintah desa mampu mengelola dana desa dengan baik untuk kepentingan pembangunan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," terangnya.

Panglima TNI Jenderal Yudo Margono yanga turut hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan, kesiapan TNI dalam mendukung kelancaran pelaksanaan P3PD.

"TNI melalui para personel Babinsa senantiasa siap mendukung kelancaran pelaksanaan P3PD dengan memberikan pendampingan kepada masyarakat dan pemerintah desa," tegasnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos