Gedungratu Bangun Balai Tiyuh Berarsitektur Unik

img
Aparat dan masyarakat Tiyuh Gedungratu gotong royong membangun balai tiyuh berarsitektur unik

MOMENTUM, Tulangbawang Udik--Kepedulian masyarakat dan Pemerintah Tiyuh/Desa Gedungratu, Kecamatan Tulangbawang Udik, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), terhad upaya pelesetarian budaya, patut dicontoh.

Salah satu bentuk kepedulian terhadap pelestarian budaya itu ditujukan masyarakat Tiyuh Gedungratu dengan membangun balai tiyuh berasitektur unik yang mengendepankan konsep pelestarian budaya dan sejarah lokal.  

Bangunan balai tiyuh tersebut didesain dengan nuansa  perumahan elit penduduk asli Lampung pada zaman penjajahan Belanda.

Kepala Tiyuh Gedungratu Juaini Bandarsyah mengatakan, batang kayu menjadi material utama bangunan balai tiyuh tersebut. 

"Desainnya pembangunan balai desa ini merupakan salah satu bentuk kecintaan warga Tubaba khususnya Tiyuh Gedungratu terhadap sejarah masa lampau. Tujuanya  memberikan contoh dan pemahaman pada generasi muda tentang sejarah dan budaya masyarakat Lampung," kata Juaini, Minggu (6-8-2023).

Menurut dia, anggaran pembangunan balai tiyuh dialokasikan sebesar Rp128 juta yang bersumber dari  Anggaran Pendapatan Belanja Tiyuh (APBT) Gedungratu tahun 2023. 

"Pembangunan ini menggunakan APBT Tiyuh Gedungratu yang sebelumnya kita sudah musyawarahkan dengan warga dan banda permusyawartan tiyuh," terangnya.

 Camat Tulangbawang Udik Setyawan sangat mengapresiasi inovasi masyarakat dan Pemerintah Tiyuh Gedungratu dalam memilih konsep pembangunan balai tiyuh tersebut.

"Saya mengapresiasi inovasi masyarakat dan Pemerintah Tiyuh Gedungratu dalam membangun balai tiyuh dengan nuansa seperti bangunan kuno khas rumah-rumah zaman kolonial," kata Setyawan. (**) 






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos