Partai Demokrat Resmi Dukung Prabowo Subianto

img
Ketua Umum Partai Demokrat AHY pada Rapimnas Partai Demokrat di Jakarta Convention Center.



MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Demokrat resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024.

Partai Demokrat menyatakan dukungannya ke Prabowo Subianto dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada Kamis, 21 September 2023.

"Saya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Ketua Umum Partai Demokrat secara resmi dan terbuka mendeklarasikan Bapak Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden Republik Indonesia dalam Pemilu 2024," kata AHY dalam Rapimnas Partai Demokrat.

Koalisi Indonesia Maju (KIM) berisikan partai-partai besar diantaranya Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Amanat Nasional (PAN) ditambah Partai Demokrat yang  baru saja mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo Subianto.

Seluruh ketua umum partai yang tergabung dalam KIM turut hadir dalam Rapimnas Partai Demokrat, terlihat Airlangga Hartarto menggunakan batik berwarna kuning, Prabowo Subianto dan Yusril Ihza Mahendra menggunakan kemeja putih serta Zulkifli Hasan dengan jas berwarna biru.

Dengan bergabungnya Partai Demokrat, koalisi pendukung Prabowo Subianto menjadi semakin gemuk karena jika dijumlahkan berdasarkan perolehan kursi di Pemilu 2019, KIM mengumpulkan 261 kursi atau 43,77persen dari jumlah kursi yang tersedia.

Sementara, pada koalisi yang mendukung Ganjar Pranowo dengan berisikan PDI-Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) hanya mengumpulkan 147 kursi atau 25,56persen.

Sedangkan, Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan berisikan Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengumpulkan 167 kursi atau 29,05persen dari jumlah kursi yang tersedia.







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos