Cawapres Ganjar dan Prabowo Masih Misteri, Nasdem Lampung Siap Antarkan Pasangan Amin Daftar Hari Pertama

img
Ilustrasi-Menuju Pilpres 2024.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden hanya tersisa beberapa hari lagi, Senin (16-10-2023).

Sesuai jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU), pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden dibuka selama tiga hari dimulai 19 Oktober 2023.

Dari tiga calon yang muncul, baru Anies Baswedan memiliki pasangan yakni Muhaimin Iskandar (Amin). Keduanya diusung oleh koalisi perubahan meliputi Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sementara, Capres Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo belum memastikan kandidat yang akan mendampingi dalam Pilres 2024.

Meski demikian, Ganjar Pranowo calon presiden usungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga didukung Partai Hanura dan Perindo memiliki beberapa nama mengerucut masuk sebagai bursa calon cawapres.

Misalnya, Menko Polhukam Mahfud MD, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno hingga mantan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj.

Serupa dengan bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto hingga kini masih juga menjadi misteri.

Namun, Ketum Partai Gerindra itu juga menyebut empat calon yang berpotensi menjadi pendampingnya dalam Pilpres mendatang.

"Empat nama yang bisa saya sampaikan adalah satu calon dari luar Jawa, satu calon dari Jawa Barat, satu calon dari Jawa Tengah, satu calon dari Jawa Timur," kata Prabowo beberapa waktu lalu.

Teranyar, di Lampung ada beberapa Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra yang mengusulkan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden untuk mendampingi calon Presiden Prabowo Subianto.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Pesawaran Lampung, Achmad Rico Julian mengatakan putra sulung dari Presiden Joko Widodo itu dinilai sebagai sosok yang cocok untuk mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres mendatang.

"Gibran merupakan sosok politisi muda yang bisa mewakili kalangan milenial dan kita bisa lihat bukti bahwa dia berhasil sebagai sosok anak muda yakni dengan perkembangan yang pesat di Kota Solo yang dipimpinnya," kata dia, Rabu (11-10).

Begitu pun DPC Partai Gerindra Kabupaten Tanggamus turut mengusulkan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden untuk mendampingi calon Presiden Prabowo Subianto. 

Hal itu disampaikan Ketua DPC Gerindra Tanggamus H Mukhlis Basri saat rapat pimpinan cabang di aula Garuda Yaksa Gerindra Kecamatan Kotaagung Timur, Kamis (12-10).

Dia menyebutkan, sosok Gibran layak mendampingi Prabowo di Pilpres karena merepresentasikan kalangan muda dan sudah teruji berpengalaman memimpin Kota Solo sebagai walikota.

“Gibran salah satu sosok pemimpin muda yang berpengalaman, sudah teruji dan terbukti kepemimpinannya menjadi Walikota Solo," tegasnya.

Dia pun meyakini Prabowo Subianto akan menang Pilpres 2024 jika berdampingan dengan Gibran Rakabuming. "Kita punya keyakinan Pak Prabowo berdampingan dengan Gibran akan sukses terpilih jadi Presiden RI pada Pilpres 2024 nanti,” ujar dia.

Diketahui, Prabowo diusung koalisi partai gemuk yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) meliputi Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat. Prabowo juga didukung Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Garuda dan Partai Gelora.

Sisi lain, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Lampung Sudin mengatakan, nama calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo sudah dikantongi Ketua Umum (Ketum) Megawati Soekarno Putri.

"Kalau soal cawapres itu hak preogratif ibu ketua umum (Megawati), namanya sudah dikantongi beliau. Tinggal menunggu diumumkannya," kata Sudin.

Sayangnya, dia belum bisa memastikan siapa nama tersebut.

"Kami di daerah ini hanya menunggu perintah Bu Mega. Siapapun wakilnya yang ditunjuk oleh beliau kami wajib dan harus memenangkan," terang Ketua Komisi IV DPR RI itu.

Daftar Hari Pertama

Rakhmat Husein DC, Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Lampung, mengatakan siap menghantarkan pasangan Amin daftar di hari pertama.

"Semua anggota partai koalisi perubahan Lampung insyaAllah hadir menghantarkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada pendaftaran di hari pertama," kata Rakhmat Husein.

Dia mengatakan, dari Lampung rombongan akan membawa bendera besar dengan foto AMIN.

"Kamis jam 08.00 WIB kami sudah bergerak ke KPU. Dari Lampung juga membawa bendera besar dengan foto AMIN dan logo partai serta tulisan 'Lampung'," terang Husein.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membuka pendaftaran capres-cawapres mulai 19 hingga 25 Oktober 2023. Hal ini sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 19 Tahun 2023 tentang Pendaftaran Capres dan Cawapres untuk Pemilu 2024 yang diterbitkan PKPU.

Sebelum pendaftaran, KPU akan mengumumkan pendaftaran selama 3 hari, mulai 16 hingga 18 Oktober 2023.

Pasal 29 ayat 2 menjelaskan waktu pendaftaran pada 18 hingga 24 Oktober dimulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Sementara pada hari terakhir hingga pukul 23.59 WIB. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos