Api di TPA Bakung Masih Berkobar

img
Pantauan di lokasi masih terdapat belasan titik api yang menyala

MOMENTUM, Bandarlampung-- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung mengklaim telah berhasil mengendalikan kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung, Telukbetung Barat. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandarlampung Anthoni Irawan mengklaim sudah tidak ada titik api. Juga tidak ada penambahan luas area yang terbakar.

"Sudah ngga ada mas. Ini sudah gelap kan," kata Anthoni menunjukkan kondisi di lokasi, Rabu malam (18-10-23).

Sayang, beberapa saat dia pergi meninggalkan lokasi bagian atas TPA, kobaran api yang relatif besar kembali terlihat.

Setidaknya, ada belasan titik api yang terpantau www.harianmomentum.com, Rabu (18-10-2023), sejak pukul 20.05 hingga 21.20 WIB 

Kobaran api terlihat berpindah- pindah. Terkadang muncul langsung membesar, kemudian mengecil. Tapi ada juga yang padam sendiri. Kepulan asap juga masih keluar dari tumpukan sampah. 

Sejumlah petugas pun langsung berjibaku memadamkan api yang masih menyala tersebut, menggunakan tiga mobil pemadam kebakaran (damkar).

Satu unit alat berat juga masih beroperasi membantu proses pemadaman. Ketika melihat ada kobaran api, operator alat berat langsung mengorek sumber api, kemudian ditutup dengan material sampah di sekitarnya. 

Di pos jaga TPA Bakung, juga terlihat 2 unit mobil pemadam dan 2 mobil suplay air terparkir. Selain itu juga ada 3 unit excavator yang terparkir.

Salah satu petugas damkar merasa cukup lelah dengan upaya pemadaman yang tak kunjung usai.

Menurut dia, kendala pemadaman itu adalah lokasinya berpindah-pindah. Hingga mereka tak mampu menghitung sudah berapa kali lokasi kebakaran pindah.

"Waduh mas luar biasa ini nggak terhitung lagi," kata salah satu petugas, di lokasi.









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos