SDN 1 Gunungagung Kekurangan Ruang Kelas, Siswa Belajar di Musola

img
Duduk di lantai tanpa alas, anak-anak kelas 5 SDN 1 Gunungagung, Terusannunyai, Lampung Tengah. Karena kekurangan ruang kelas.

MOMENTUM, Terusannunyai – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Gunungagung, Kecamatan Terusannunyai, Lampung Tengah (Lamteng) kekurangan ruang kelas. Akibatnya, proses belajar mengajar harus dilakukan di musola sekolah.

Tak ada meja dan kursi. Anak-anak kelas tiga SDN I Gunungagung itu, harus duduk di lantai tanpa alas selama guru mengajar mereka.

Kepala SDN 1 Gunungagung, Agnes Sumartini menjelaskan, kegiatan belajar mengajar (KBM) di musola tersebut sudah berjalan bertahun-tahun. “KBM yang kami laksanakan di musola ini sudah berjalan bertahun-tahun," katanya. 

Dia menjelaskan, di sekolahnya, ada 167 anak dari kelas satu sampai enam. Dari jumlah itu, kelas lima ada dua kelas. Artinya, dibutuhkan tujuh ruang kelas untuk KBM.

"Dari 167 anak itu dibagi menjadi tujuh kelas. Karena siswa kelas lima jumlahnya banyak dan dibagi menjadi dua kelas yaitu 5A dan 5B. Karena itu, terpaksa kita gunakan musola untuk mencukupi ruang kelas," katanya.

Dia juga menjelaskan, pihaknya sudah berkali-kali sampaikan keluhan sekolahnya tersebut ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Tengah. Namun, hingga saat ini belum mendapatkan respon.

“Sudah berkali-kali kita ajukan keluhan ke Dinas, namun sampai saat ini belum ada respon apapun,” jelasnya.

Selain kurangnya ruang belajar, lanjut Kepsek, kantor Kepsek dan ruang guru harus campur menjadi satu dengan ruang perpustakaan.

“Bahkan, kantor kepsek dan ruang guru di sekolah ini harus menjadi satu ruangan dengan perpustakaan karena tidak ada ruang lagi yang bisa kami gunakan,” tutup Kepsek. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos