Dokter Atras: Kesehatan Mental Sama Penting dengan Kesehatan Fisik

img

MOMENTUM, Bandarlampung--Kesehatan mental adalah aspek penting dari kesejahteraan manusia, yang tidak boleh diabaikan. Dalam dunia yang semakin sibuk dan bergerak cepat, perhatian terhadap kesehatan mental menjadi semakin mendesak. Kita harus menyadari bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik, dan keduanya saling terkait.

Melihat fenomena banyaknya masyarakat yang terkena gangguan kesehatan mental khususnya Gen Z, Dokter Atras prihatin dan melihat hal tersebut tidak boleh terjadi dan harus peran bersama untuk mengurangi anak muda yang terkena gangguan kesehatan mental. Menurut politisi asal Partai Gerindra, kesehatan mental yang buruk, sebaliknya, dapat mengakibatkan masalah fisik, seperti gangguan tidur, penurunan daya tahan tubuh, dan bahkan risiko penyakit jantung.

“Per Oktober ini kasus bunuh diri yang disebabkan oleh gangguan kesehatan mental meningkat hingga 826 kasus, dari jumlah kasus tersebut anak muda khususnya Gen Z melakukan bunuh diri akibat gangguan kesehatan mental," ucap Dokter Atras, Kamis (19-10-2023).

Maka dari itu, sebagai anak muda harus lebih aware terhadap teman dekat kita, keluarga kita untuk lebih diberikan perhatian dan coba tanyakan mereka tentang kesehatan. "Upaya itu bisa dimulai dengan hal mudah seperti menanyakan kabar," ujar dia.

Tidak hanya itu, Dokter Atras juga mengajak Gen Z khususnya mahasiswa Universitas Lampung untuk lebih waspada dan peka terhadap teman sekitar, mengingat pada tanggal 10 Oktober kemarin sudah ada Hari Kesehatan Mental dunia dimana hari tersebut sebagai pengingat bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk terkena gangguan kesehatan mental yang dapat mengganggu aktivitas keseharian.

Dengan adanya seminar berupa talkshow Dokter Atras sangat senang dan antusias bahwa kesehatan mental perlu diberikan perhatian lebih khususnya bagi Gen Z dimana isu tersebut menjadi topik hangat yang selalu dibicarakan oleh Gen Z sehingga tidak heran jika Gen Z sangat aktif dalam membahas dan membuat gerakan untuk memberikan pengingat kepada semua orang bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos