Sambangi Warga Lansia dan Penyandang Disabilitas, Wahdi Ingatkan OPD

img
Walikota Metro Wahdi Sirajuddin menyambangi kediaman warga penyandang disabilitas

MOMENTUM, Metro--Walikota Metro Wahdi Sirajuddin menyambangi kediaman warga lanjut usia yang sedang sakit dan warga penyandang disabilitas di  Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Metro Utara.

Selain memberikan bantuan sosial untuk kedua warga tersebut, walikota juga meminta organisasi perangkat daerah terkait memaksimalkan program layanan Home Care.

Menurut dia, program layanan Home care akan berjalan dengan maksimal. Apabila satu instansi dengan instansi lainnya bekerja sama dan berkolaborasi dengan baik.

“Jadi, Program Pemerintah Kota Metro salah satunya adalah home care. Home Care itu bukan tugasnya orang kesehatan saja, akan tetapi home care itu turun bersama ada Tim Pendamping Keluarga untuk memberikan layanan kesehatan langsung ke rumah warga ,” kata dia, Minggu (22-10-2023).

“Tim Pendamping Keluarga (TPK) bukan hanya bicara tentang stunting saja. Akan tetapi, bisa digerakkan sama saja fungsinya seperti kader posyandu, kader dimasyarakat, dan kader PKK,” tambahnya.

Dia juga menjelaskan terkait peran Dasa Wisma. Menurut dia, Dasa Wisma  memiliki peran yang sangat penting  untuk membantu masyarakat.

“Dasa Wisma yang dibentuk dalam lingkup Rukun Tetangga  terdiri dari 10-20 jarak rumah. Tugas dan fungsi Dasa Wisma yakni mendata, menggerakkan dan memberikan informasi dalam kegiatan kemasyarakatan dilingkungannya. Sehingga tidak ada lagi masyarakat kita dalam keadaan yang susah, apalagi tidak diperhatikan,” paparnya.

Dia menegaskan, jika OPD tak mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik sebagai pelayan masyarakat, dimintamengundurkan diri. 

“Kalau ada sesuatu yang keliru itu adalah Walikota bersama Wakil Walikota karena kedua pasangan ini dipilih dan diamanahkan oleh masyarakat. Jadi sama apabila OPD-nya tidak jalan dan tidak mampu lebih baik mundur saja dengan teratur,” tegasnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos