Unila Beri Gelar Doktor HC untuk Pertama Kalinya Kepada Gubernur Lampung

img

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi bakal menerima gelar penghargaan Doktor Honoris Causa (HC) dari Universitas Lampung (Unila).

Gelar Doktor (HC) di bidang Ilmu Perekonomian itu dijadwalkan diberikan pada Kamis (26-10-2023) besok.

Wakil Rektor Unila Bidang Akademik Dr Eng Suripto Dwi Yuwono menjelaskan, pemberian gelar itu karena program Kartu Petani Berjaya (KPB) yang digagas Arinal merupakan inisiatif dan program original.

Gubernur dinilai menemukan, dan menciptakan pembangunan Lampung yang baik saat ini dengan Kartu Petani Berjaya.

"Karena sesuai dengan ketentuan yang ada, ini (pemberian gelar HC) diperbolehkan. Ini merupakan pertama kalinya, Unila memberikan gelar Doktor Honoris Causa pada Gubernur Lampung," kata Suripto saat jumpa pers, Rabu (25-10-2023).

Menurut dia, rencana pemberian gelar HC itu juga sudah disetujui sudah mendapatkan persetujuan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan TIK Dr Ayi Ahadiat menyebutkan, pemberian gelar Doktor HC itu berfokus pada originalitas dan inovasi programnya.

Dia menilai, KPB merupakan inovasi. Sehingga, saat dilakukan ujian implementasi, program itu dinyatakan lulus.

"Bahkan masih sustainable, karenanya kita berdoa ini agar terus berlanjut dalam memberikan dampak dalam kemakmuran rakyat Lampung," sebutnya.

Selain itu, KPB juga meningkatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Lampung dari Rp7,4 triliun menjadi Rp10,9 triliun.

"Kami juga mendapatkan informasi, kalay ini akan direplikasi di daerah lain. Pasti ada versi yang mirip, maka kita berikan penguatan," tuturnya.

Bahkan, dia menyebutkan, dengan KPB, petani diberikan edukasi berupa tranformasi dengan teknologi digital. Sehingga  petani juga terbiasa masuk ke wirausaha yang lompat.

"Tentunya kita harap efisiensi, mulai pasar, suplayer, dan lainnya bisa lebih mudah. Unila melihat dampaknya ini," jelasnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos