Pengadaan Logistik KPU Lampung Tahap II Dimulai, Berikut Rincianya

img
Komisioner KPU Lampung, Titik Sutriningsih. Foto: Ikhsan

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung telah selesai melakukan pengadaan logistik tahap II dengan melakukan pemesanan pada aplikasi e-katalog tertanggal 10 November 2023.

Ketua Divisi Logistik KPU Provinsi Lampung Titik Sutriningsih mengatakan, pemesanan logistik tahap II itu dengan rincian sampul biasa sebanyak 519.128, sampul kertas sebanyak 906.526, form C hasil palno 1.213.775, serta form C model hasil salinan 490.675. Kemudian pemesanan surat suara, namun untuk jumlahnya masih dalam proses pendataan di kabupaten/kota.

"Logistik pemilu tahap II sudah diklik pada 10 November 2023 kemarin, baru proses administrasi belum kepada cetak. Untuk pengadaan surat suara itu sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di tiap-tiap tempat pemungutan suara (TPS) ditambah dengan dua persen per TPS," kata Titik, Selasa (21-11-2023).

Titik menjelaskan, seluruh pesanan logistik dari KPU Lampung kepada pihak penyedia diperkirakan selesai dalam rentang waktu Desember 2023 hingga Januari 2024.

"Itu kemungkinan barang pesanan akan selesai sekitar Desember-Januari, lalu kemudian akan didistribusikan," jelasnya.

Ditanya soal perkara sidang ajudikasi sengketa DCT yang diajukan oleh Gerindra kepada KPU Pesisir Barat apakah mempengaruhi keterlambatan pemesanan surat suara karena belum dilangsungkanya sidang putusan, ia mengatakan tidak berpengaruh.

"Untuk pemesanan surat suara itu tidak terpengaruh dengan sidang adjukasi sengketa DCT Pesisir Barat. Karena surat suara ini di pesan berdasarkan DCT," terangnya.

Untuk strategi pendistribusian logistik, kata Titik, pihaknya telah memiliki peta daerah mana saja yang membutuhkan waktu lama dalam proses pendistribusian logistik.

"Strategi untuk distrubusi logistik itu akan diprioritaskan daerah tersulit. Kita punya data-datanya. Sudah di perhitungkan jarak, kemudian cuacanya juga," ungkapnya.

Daerah tersulit itu, diantaranya berada di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat, Tanggamus, Mesuji dan Pesawaran.

"Yang terberat itu ada di Bengkunat Pesisir Barat tidak bisa menggunakan alat transportasi selain grobak. Kemudian di Mesuji itu di Sumbermakmur. Di Pesawaran ada di Kecamatan Punduhpidada Pulau Legundi. Lampung Barat itu daerah cuaca ekstream karena daerah tinggi. Kemudian Tanggamus itu di Kecamatan Cukuhbalak," tutupnya. 

Sebelumnya, pengadaan logistik Pemilu 2024 tahap I oleh KPU Provinsi Lampung terdiri dari kotak suara sebanyak 129.583 unit, bilik suara 103.000 unit, segel 2.536.095 buah dan tinta 51.650 buah. Pengadaan logistik pemilu ini sesuai kebutuhan jumlah TPS, baik TPS reguler maupun TPS lokasi khusus.

Diketahui, anggaran pengadaan logistik Pemilu 2024 tahap I untuk 15 kabupaten dan kota se-Provinsi Lampung berkisar Rp18 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos