PKB Berpeluang Rebut Kursi PDIP atau Gerindra di Dapil V

img
ilustrasi. Pemilu 2024

MOMENTUM, Bandarlampung-- Daerah pemilihan (Dapil) V  DPRD Provinsi Lampung menarik dicermati.

Ada 118 calon legislatif (caleg) dari 16 partai politik (parpol) yang akan berebut 11 kursi, di dapil; Kabupaten Lampung Utara dan Waykanan itu.

Hebatnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang memperoleh dua kursi di dapil itu pada pemilu 2019, justru tidak lagi mencalonkan petahananya.

Keduanya; Tulus Purnomo yang meraih 14.042 suara dan Yose Rizal dengan suara sebanyak 20.397.

Begitu juga Gerindra. Patimura yang berhasil meraup suara sebanyak 24.078 pada 2019 lalu tidak terdaftar di DCT 2024.

Sedangkan Demokrat dan Nasdem masing-masing meraih dua kursi. Sementara, PKB, Golkar, Gerindra, PAN dan PKS memiliki satu kursi.

Sayangnya, belum ada yang bisa dikonfirmasi terkait hal tersebut baik dari pihak PDIP-Perjuangan atau pun Gerindra.

Namun, PKB menjadi partai yang terlihat berambisi untuk menambah perolehan kursi di Dapil tersebut. Sebab ada nama Okta Rijaya yang pada 2019 berhasil meraup suara sebanyak 16.720.

Ditambah, ada nama mantan Ketua Bawaslu Lampung Fatihatul Khoiriyah dengan nomor urut satu.

Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPW PKB Lampung Jauharroh Haddad mengatakan, pihaknya yakin akan menambah perolehan kursi.

Dia juga menyatakan, PKB akan bekerja keras untuk memperoleh suara dan mendapatkan kursi di setiap dapilnya.

"PKB akan bekerja semaksimal mungkin untuk mendapatkan kursi yg lebih banyak di Pemilu 2024, di semua dapil provinsi," kata Jauharroh pada Senin, (27-11-2023).

Untuk Pemilu 2024, Khoir ditugaskan untuk menambah perolehan kursi DPRD Provinsi Lampung dari Dapil Lampung V. “Harus berjuang untuk dapat dua kursi. Itu target perjuangan. Soal hasil, ya bagaimana berjuangnya,” kata dia.

Salah satu caleg PKB Fatikhatul Khoiriyah mengungkapkan alasannya memilih PKB untuk mencalonkan diri pada pemilihan legislatif 2024. "Sudah pasti memilih PKB. Seperti yang diketahui kalau saya adalah kader NU (Nahdlatul Ulama)," kata Khoir.

Dia juga mengatakan ingin mengabdi dan fokus pada permasalahan yang dialami masyarakat di Provinsi Lampung.

"Ya, setidaknya walaupun belum bisa merubah dunia, tapi setidaknya mulai dari yang kecil terlebih dahulu dengan berbuat untuk masyarakat di Lampung," tuturnya. 

Tidak hanya PKB, Golkar juga berpotensi untuk menambah kursi di Dapil V karena memiliki caleg berpotensi. Salah satunya petahana Darlian Pone yang berhasil meruap suara sebanyak 12.379 di Pemilu sebelumnya.

Selain Darlian Pone, ada nama Arnol pada nomor urut satu dan Marsidi Hasan di nomor urut tiga.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris DPD I Golkar Provinsi Lampung Ismet Roni mengatakan, pihaknya sudah mencalonkan caleg yang terbaik dan berpengalaman di Dapil V.

Dia berharap, perolehan kursi bisa bertambah dari yang sebelumnya hanya cuman satu kursi. "Kita berusaha dan Golkar akan bekerja keras untuk menambah perolehan kursi," kata Ismet.

Diketahui, berdasarkan DCT untuk Pemilu 2024, KPU mencatat terdapat 118 caleg yang mendaftarkan dari 16 partai politik. Hanya PBB dan Garuda yang tidak mendaftarkan caleg di Dapil V. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos