PKB Berpotensi Rebut Tiga Kursi di Dapil VIII Lamtim

img
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

MOMENTUM, Bandarlampung-- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berambisi merebut tiga dari total sepuluh kursi DPRD Lampung, dari daerah pemilihan (dapil) VIII Lampung Timur.  

Tak tanggung- tanggung, partai yang dinakhodai Chusnunia (mantan Wagub Lampung) itu mengerahkan calon legislatif (caleg) terbaiknya. 

Dua diantaranya merupakan petahana; Binti Amanah meraih 21.614 suara pada Pileg 2019. Kemudian, Noverisman Subing dengan perolehan 10.121 suara. 

Menariknya, Chusnunia juga menurunkan adik kandungnya-- dr. Sasa Chalim sebagai caleg nomor urut 3 di dapil yang sama.

Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPW PKB Lampung Jauharroh Haddad mengatakan, para calegnya akan bekerja keras menambah perolehan suara dan kursi di setiap dapilnya.

"PKB akan bekerja semaksimal mungkin untuk mendapatkan kursi lebih banyak di Pemilu 2024, di semua dapil provinsi," kata Jauharroh 

Selain itu, ada PDI-Perjuangan yang juga berusaha meraup suara sebanyak mungkin dengan mencalonkan kembali kedua incumbent-nya yakni Ni Ketut Dewi yang berhasil meraih 17.158 suara dan Ferliska Ramadhita dengan perolehan 15.268 suara di Pemilu 2019.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI-Perjuangan Lampung Umar Ahmad mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan caleg terbaik untuk menambah perolehan kursi.

"Memang kalau targetkan pasti penambahan kursi di setiap dapil," kata Umar.

Meski demikian, dia menyampaikan tidak memiliki niat merebut kursi dari partai lain. "Karena yang kita targetkan adalah merebut hati rakyat," kata dia.

Partai Demokrat juga kembali mencalonkan kedua petahananya, yakni Asep Makmuk yang meraih 16.717 suara dan M. Khadafi Azwar yang memperoleh 20.131 suara di Pemilu 2019.

Selain itu, partai Nasdem yang memiliki satu kursi juga mencalonkan kembali incumbent-nya di nomor urut satu, Garinca Reza Pahlevi yang meraih 20.730 suara. Kemudian Golkar dengan Ali Imron yang memperoleh 5.936 suara. 

Kemudian, Gerindra yang mencalonkan Ahmad Giri Akbar dengan perolehan 9.197 suara dan PKS yang mencalonkan Ismail Jafar dengan raihan 7.080 suara.

Berdasarkan DCT, 10 kursi yang tersedia di Dapil VIII diperebutkan oleh 107 caleg dari 14 partai politik. PBB, Garuda, Hanura dan PKN tidak mendaftarkan caleg-nya di Dapil tersebut. 

Hasil pileg 2019 lalu, PKB, PDIP dan Demokrat masing- masing memiliki dua kursi. Sedangkan Golkar, PKS, Gerindra dan Nasdem memiliki satu kursi. (gks/ap)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos