KPU akan Lakukan Simulasi Pemungutan Suara di Lapas

img
Komisioner KPU Bandarlampung, Fery Triatmojo. Foto: Ikhsan.

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung akan melaksanakan simulasi pemungutan suara pemilu 2024 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Rajabasa, Bandarlampung, Selasa, 19 Desember 2023. 

Komisioner KPU Bandarlampung Fery Triatmojo mengatakan, simulasi itu guna mencegah kekurangan surat suara di tempat pemungutan suara (TPS) khusus tersebut.

"Ada dua alasan utama dipilihnya Lapas Kelas I Bandarlampung sebagai tempat simulasi pungut hitung suara," kata Fery, di Bandarlampung, Kamis (14-12).

Pertama, kata dia, karena berdasarkan hasil evaluasi Pemilu 2019, di Lapas Kelas I Bandarlampung terdapat insiden kekurangan surat suara, sehingga KPU ingin mengantisipasi hal itu terjadi kembali di 2024.

Kemudian, lanjut dia, warga binaan pemasyarakatan (WBP) dinilai sudah terorganisir sehingga meminimalisasi kendala terkait dengan pemilih.

“Secara pelaksanaan simulasi di Lapas cukup mudah, jika dibandingkan di tempat umum. Terlebih kegiatan bukan di hari libur. Jadi Kami menganggap WBP sudah terorganisir,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bandarlampung Dedy Triyadi menyampaikan, simulasi pemungutan suara di Lapas Kelas I Bandarlampung juga bertujuan menguji coba aplikasi Sirekap.

"Kemudian guna menghitung waktu dari mulai pemilih menunggu hingga pencoblosan selesai dan untuk uji coba terkait kesiapan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilu 2024," kata Dedy.

KPU Kota Bandarlampung telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Lapas Kelas I Bandarlampung sebanyak 773 pemilih dengan tiga TPS. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos