Terungkap, Banner Caleg DPR RI Ada di Gudang Kelurahan Wayhalim

img
Komisioner Bawaslu Bandarlampung, Oddy Marsa. Foto: Ikhsan.

MOMENTUM, Bandarlampung--Aparatur Kelurahan Perumnas Wayhalim, Bandarlampung, mengklaim hanya membereskan banner calon legislatif (caleg) DPR RI Rahmawati Herdian. Namun, juga diakui, banner itu ada di gudang kelurahan.

Klaim itu terungkap dari klarifikasi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bandarlampung terhadap sejumlah aparatur Kelurahan Perumnas Wayhalim terkait dugaan pelanggaran netralitas aparatur kelurahan dalam proses pemilu 2024, Senin 18 Desember 2023.

Penanggung Jawab Tahapan Kampenye sekaligus Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Bandarlampung, Oddy Marsa mengatakan, aparatur kelurahan mengklaim melakukan penertiban banner bukan pemasangan.

"Kami baru selesai melakukan klarifikasi dengan Linmas dan satu ketua RT (rukun tetangga). Hasil pemeriksaan sementara, keduanya mengaku hanya membereskan banner caleg aja," kata Oddy.

Namun, kata dia, Bawaslu akan terus mengkaji kasus tersebut. "Kami akan kaji terus. Yang jelas, mereka mengaku ada dalam video yang beredar. Banner itu benar ada di dalam gudang kelurahan," imbuh dia.

Oddy menuturkan, dari dua orang yang diklarifikasi keduanya mengaku tidak ada yang memerintahkan menyangkut kegiatan tersebut.

"Mereka bilang tidak ada yang memerintahkan. Sedangkan mereka mengaku hanya membereskan banner dan kayunya akan digunakan untuk plang 'dilarang buang sampah sembarangan'," tuturnya.

"Kalau memang membereskan atau ada penertiban seharunya kan lapor ke Panwascam. Nah ini, tidak ada. Mereka mengaku hanya inisiatif," tambahnya.

Dia menyampaikan, pihaknya juga hari ini akan memeriksa ketua RT lainya dan sekretaris kelurahan (seklur).

"Setelah ini kita akan periksa RT dan seklur. Kita kaji dan cari siapa yang menaruh banner di kelurahan tersebut," ujarnya.

Sementara, Bambang W, Linmas Perumnas Wayhalim saat ditanya wartawan usai diperiksa, enggan berkomentar dan langsung beranjak pergi.

"Tanya dalem aja (Bawaslu), saya gak tau," ucapnya.

Begitu pun RT atas nama Dodi Cahyadi, tanpa basa-basi dia langsung meninggalkan kantoe Bawaslu Bandarlampung.

"Ada di BAP," singkatnya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos