Salurkan Dana Ratusan Juta Rupiah, PTPN IV Regional 4 Tunjukan Kepedulian Lewat Program TJSL

img
Penyerahan bantuan Program TJSL PTPN IV.

MOMENTUM, Medan--Sepanjang tahun 2023 ini, telah mengucurkan dana mencapai Rp476.531.249 untuk program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

PLT Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan PTPN IV REGIONAL 4 Muhammad  Ridwan mengatakan, dana yang dikaluarkan tersebut merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan.

"Dan merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas," kata Muhammad  Ridwan, Senin (12-12).

Muhammad Ridwan menerangkan, PTPN IV REGIONAL 4 memiliki empat program TJSL yang telah disusun dalam rencana kerja jangka panjang tahun 2023, yaitu pilar sosial, pilar ekonomi, pilar lingkungan, serta pilar hukum tata kelola.

Adapun bentuk bantuan pilar sosial yaitu, bantuan kelaparan seperti bantuan penderita gizi akut atau stunting, bantuan kemiskinan berupa pembagian beras, serta pembagian daging sapi berkualitas dalam kegiatan kurban.

"Ada juga batuan pendidikan dalam bentuk beasiswa. Total untuk pilar sosial ini dana yang sudah diberikan Rp182.415.000," ungkap Ridwan.

Selanjutnya, bantuan pilar ekonomi mencakup bantuan pembinaan kemitraan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), bantuan infrastruktur berupa perbaikan dan pembuatan jalan, bantuan pertumbuhan ekonomi dan kelayakan seperti bantuan ke panti asuhan, serta pembangunan tempat ibadah.

"Untuk pilar ekonomi ini, total sudah kami serahkan Rp179.207.500 di berbagai tempat di Provinsi Jambi maupun Sumatera Barat," kata Ridwan.

Berikutnya, pilar lingkungan meliputi bantuan pembuatan sumber air bersih dan sanitasi berupa sumur bor dan tempat Mandi Cuci Kakus (MCK), penanganan perubahan iklim dalam bentuk pembagian masker, serta bantuan untuk pertahanan keberlangsungan ekosistem baik di darat maupun di laut.

"Untuk pilar lingkungan sudah dikeluarkan bantuan senilai total Rp112.704.649," sebut Muhammad Ridwan.

Terakhir, bantuan untuk pilar hukum tata kelola berupa perdamaian serta keadilan kelembagaan yang tangguh. Untuk itu PTPN IV Regional 4 memberikan bantuan peralatan kantor seperti Polsek dan Koramil.

"Tahun lni kami beri bantuan lemari file kabinet, satu set meja kursi tamu untuk Koramil Geragai dan bantuan CPU komputer untuk Polsek Geragai," katanya.

Lebih lanjut, Muhammad Ridwan mengatakan hingga akhir tahun nanti dana TJSL masih akan disalurkan sesuai dengan program yang telah disusun.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos