Gubernur Resmikan Empat Gedung di RSUAM

img

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi meresmikan empat gedung di Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek (RSUAM), Rabu (27-12-2023).

Empat gedung itu: Gedung Pelayanan Pinere (penyakit infeksi new emerging dan re-emerging), Gedung Perawatan kelas 1, Mal RSUAM, Gedung Instalasi Gizi.

Gubernur mengatakan, Lampung sebagai pintu gerbang dan etalase Pulau Sumatera memiliki posisi strategis sebagai penghubung mobilitas manusia dan modal ekonomi.

Arinal menjelaskan, dalam upaya peningkatan dan pemerataan pelayanan kesehatan masyarakat.

Gubernur juga menyebutkan Enam pilar transformasi kesehatan yang merupakan upaya perbaikan sistem kesehatan, untuk mengatasi ketimpangan kesehatan, baik di dalam negeri, maupun ketimpangan kesehatan antar negara. 

Terdiri dari Transformasi Layanan Primer, Layanan Rujukan, Sistem Ketahanan Kesehatan, Sistem Pembiayaan Kesehatan, SDM Kesehatan dan Teknologi Kesehatan. 

"Transformasi layanan rujukan yang salah satunya diimplementasikan dalam sistem rujukan, memiliki peranan krusial dalam memastikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terintegrasi," jelasnya.

Arinal memaparkan, sistem rujukan yang baik menjadi jembatan antara berbagai tingkatan pelayanan kesehatan, memastikan bahwa pasien mendapatkan akses yang cepat dan tepat menuju layanan yang diperlukan. 

"Dengan memperbaiki proses rujukan, dan fasilitas penerima rujukan, instansi kesehatan dapat meraih efisiensi, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pasien," terangnya.

Gubernur juga memastikan, Pemerintah Provinsi Lampung mendukung percepatan, terkait pemenuhan kebutuhan standar pelayanan stratifikasi yang ditetapkan. Meliputi pemenuhan sumber daya manusia, sarana prasarana, alat kesehatan, pelayanan kesehatan dan kegiatan pengampuan, serta dukungan anggaran sesuai kemampuan keuangan daerah.  

"Pemerintah Provinsi Lampung sangat berkomitmen melakukan percepatan Program Pengampuan Jejaring Layanan, yang merupakan bagian dari proses rujukan," tuturnya.

Gubernur berharap, adanya Gedung Pinere di RSUAM merupakan komitmen Lampung agar rumah sakit sebagai fasilitas rujukan tertinggi dapat menerima kasus-kasus Penyakit Infeksi Emerging dan Re Emerging yang dirujuk dari seluruh penjuru Lampung. 

Untuk peningkatan layanan lainnya dilakukan juga pembangunan Rawat Inap Kelas I, dan gedung Instalasi Gizi. 

Selain itu, dengan terpenuhinya standar pelayanan di RSUAM masalah kesehatan perorangan di Provinsi Lampung dapat teratasi. Sehingga tidak perlu dilakukan rujukan ke luar Daerah Lampung. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos