Gandeng Media dan Kelompok Perempuan, KPU Bandarlampung Tingkatkan Partisipasi Pemilih

img
Ketua KPU Bandarlampung, Dedy Triyadi. Foto: Ikhsan

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung menggandeng media dan kelompok perempuan untuk meningkatlan partisipasi pemilih pada pemilu 2024. 

Ketua KPU Kota Bandarlampung Dedy Triyadi mengatakan, selain menargetkan tingkat partisipasi mata pilih yang tinggi, pihaknya juga menginginkan mata pilih pada pemilu 2024 merupakan pemilih yang berkualitas. 

"Pemilih yang berkualitas itu menyalurkan hak pilihnya berdasarkan aspirasi hati nuraninya dan bukan karena pragmatis," ujar Dedy pada acara sosialisasi pendidikan pemilih bertajuk Peran Media dan Perempuan Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pada Pemilu 2024, di Swissbel Hotel, Selasa (26-12-2023). 

"Kolaborasi ini berupa sosialisasi, edukasi hingga pendidikan politik ke mata pilih di Bandarlampung," tambah dia. 

Menurut Dedy, daftar pemilih tetap (DPT) Kota Bandarlampung pada Pemilu 2019 lalu sebanyak 638.174 pemilih dengan tingkat partisipasi mencapai 88,6 persen.

Angka itu melebihi target partisipasi pemilih nasional yang ditetapkan oleh KPU RI sebesar 77,5 persen.

Bahkan, melampaui capaian partisipasi pemilih secara nasional sebanyak 79,98 persen.

Sementara, DPT Pemilu 2024 sebanyak 790.125 jiwa, dengan jumlah pemilih perempuan lebih banyak daripada laki-laki.

"Jumlah pemilih laki-laki sebanyak 395.037 dan perempuan 395.088 orang tersebar di 2.880 tempat pemungutan suara (TPS), 126 kelurahan, dan 20 kecamatan se-Kota Bandarlampung," terangnya.

Dedy optimis, tingkat partisipasi pemilih di Bandarlampung pada Pemilu 2024 bisa mencapai target nasional sebesar 79,5 persen.

Namun, kata dia, pihaknya bukan hanya menginginkan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi, tapi juga kualitas partisipasi.

"Karenanya, KPU bersama media dan kelompok perempuan berkolaborasi melakukan literasi dan pendidikan politik di tingkat pemilih, khususnya lingkungan keluarga," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Lampung Antoniyus Cahyalana mengatakan, kualitas pemilih yang baik itu akan terlihat dari keterlibatanya di setiap tahapan pemilu 2024.

"Persepsi sukses pemilu itu selalu tingkat partisipasi. Ketika selesai pemilu, orang akan bertanya berapa tingkat partisipasi masyarakatnya dikukur apakah 80 persen atau tidak," ungkap Antoniyus dalam agenda workhsop bersama media di Pindang Uwo Sumur Putri Bandar Lampung, Belum lama ini. 

Anton mengatakan, jika partisipasi masyarakat kurang dari 80 persen maka dianggap kurang berhasil, apabila melebihi itu maka dianggap berhasil.

"Padahal partisipasi politik itu bukan hanya berapa banyak yang hadir ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) tetapi bagaimana pemilih bisa berkontribusi lebih di semua tahapan pemilih," kata dia.

Maka dari itu, kata Anton, KPU RI akan segera merilis indeks partisipasi pemilu 2024 yang bukan hanya dilihat dari seberapa banyak yang hadir ke TPS, namun juga melihat partisipasi masyarakat tiap tahapan.

"Indeks partisipasi pemilih dari KPU ingin menilai partisipasi dari pra pemilu, saat pemilu, pasca pemilu," tukasnya.

"Bisa saja partisipasi pemilih itu kurang dari 80 persen, tetapi masyarakat bisa saja aktif di berbagai tahapan-tahapan pemilu atau sebaliknya," tambahnya

Anton mengatakan, pada pemilu tahun 2024 pihak KPU lebih banyak melakukan sosialisasi pendidikan pemilih secara digital, dibandingkan dengan secara tatap muka.

"Ini zaman digital, KPU hari ini sudah bergeser, dulu pendidikan politik kepada pemilih itu secara tatap muka kadarnya sangat tinggi sekali, sekarang lebih banyak dikurangi hanya keliling di daerah tertentu," ungkapnya.

Pemilu 2024 ini kata Anton, segemenya adalah digital, bagaimana sosialisasi dengan konten-konten menarik di sebarkan melalui vidio-vidio. 

"Karena itu, KPU mewajibkan badan ad hoc mempunyai media sosial untuk menyampaikan konten-konten. Kita juga minta pada influenser turut bekerjasama," tutupnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos