Unggul 36 Provinsi, Prabowo-Gibran Raup 63 Persen Suara se Indonesia

img
Prosesi penandatanganan berita acara rapat pleno penetapan hasil Pemilu tingkat nasional di KPU RI.

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menetapkan hasil penghitungan suara tingkat nasional untuk Pemilu 2024.

Penetapan berdasarkan hasil pleno rekapitulasi tingkat nasional yang telah dilaksanakan KPU RI sejak 28 Februari hingga 20 Maret 2024.

Lima komisioner KPU RI pun telah menandatangani berita acara rapat pleno penetapan hasil pemilu tingkat nasional yang dilaksanakan, Rabu (20-3-2024), pukul 21:28 WIB.

Berdasarkan pleno tingkat nasional, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dari dua pasangan lainnya dengan perolehan mencapai 96.214.691 suara atu 63 persen dari total suara sah 151.796.631.

Disusul pasangan Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 40.971.906 suara dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih sebanyak 27.040.878 suara.

Prabowo-Gibran berhasil menang di 36 provinsi dari 38 provinsi di seluruh Indonesia. Sementara pasangan Anies-Cak Imin unggul di dua provinsi, yaitu Sumatera Barat dan Nangroe Aceh Darussalam. 

Menanggapi itu, Ketua Partai Gerindra Kota Bandarlampung Andhika Wibawa menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Lampung atas kepercayaannya karena telah memilih partainya dan Prabowo-Gibran.

Menurut dia, capaian tersebut tidak dapat terealisasi jika bukan karena masyarakat Lampung. "Terima kasih kepada masyarakat Lampung karena sudah mempercayakan pilihannya kepada Partai Gerindra," kata Andhika.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos